Transaksi Produk Halal di "E-commerce" dan "Marketplace" Capai Rp 10,82 Triliun

Kompas.com - 28/07/2022, 20:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mencatat pertumbuhan transaksi produk halal di platform e-commerce dan marketplace selama Januari-Mei 2022 sebesar 23 persen dibandingkan Januari-Mei 2021.

Deputi Gubernur BI Aida S. Budiman mengatakan, nilai transaksi produk halal di kedua platform tersebut mencapai Rp 10,82 triliun selama Januari-Mei 2022.

"Sekarang untuk produk halal yang ditransaksikan di e-commerce dan merketplace itu sudah mencapai Rp 10,82 triliun dari Januari-Mei saja," ujarnya saat membuka Festival Ekonomi Syariah Kawasan Timur Indonesia, Kamis (28/7/2022).

Baca juga: Wapres: Indonesia Eksportir Produk Halal Terbesar ke Negara OKI

Diharapkan transaksi produk halal dapat bertambah ke depannya seiring dengan pertumbuhan transaksi digital di Indonesia yang saat ini sedang didorong oleh BI, salah satunya melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Sistem pembayaran digital QRIS ini memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi dengan satu QR Code untuk berbagai macam transaksi pembayaran di merchant.

Baca juga: Naik 9 Kali Lipat, Transaksi QRIS Tembus Rp 9 Triliun

Ke depan, BI akan mengupayakan agar QRIS ini dapat digunakan di negara-negara Asia lainnya agar masyarakat tidak perlu menukar rupiah ke mata uang asing tiap kali ke luar negeri.

"BI terus lakukan ini (menumbuhkan transaksi digital) dan kami coba lakukan transaksi keuangan dengan cemumuah cepat, mudah, murah, aman, dan andal," ucap Aida.

Baca juga: BI: Konsumsi Produk Halal RI Diperkirakan Tumbuh Hingga 281,6 Miliar Dollar AS di 2025

Kemudian, BI juga tengah memperdalam penetrasi BI Fast agar masyarakat dapat melakukan transfer antarbank dengan biaya yang lebih murah dan aman.

"(Biaya transfer antarbank dengan BI Fast) hanya Rp 2.500 sekali transfer. Semoga ini bisa membantu niat baik kita untuk membantu pertumbuhan ekonomi syariah," kata dia.

Dia menyebutkan, aktivitas usaha syariah di Indonesia pada Kuartal I 2022 mampu tumbuh sebesar 2,73 persen. Angka pertumbuhan ini, kata dia, lebih tinggi daripada pertumbuhan di kuartal sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.