Adira Finance Mulai Salurkan Pembiayaan untuk Kendaraan Listrik

Kompas.com - 30/07/2022, 09:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adira Dinamika Multi Finance (Adira Finance) mulai melakukan pembiayaan untuk kendaraan listrik guna memperlebar jangkauan bisnisnya.

Presiden Direktur Adira Finance I Dewa Made Susila mengatakan, perusahaannya akan mengakomodasi peluang bisnis untuk pembiayaan kendaraan listrik.

"Sekarang masih tahap awal, masih coba-coba, kalaupun ada jumlahnya masih kecil. Namun, Adira Finance sudah melakukan (pembiayaan) untuk mengetahui behaviour dari kendaraan listrik ini, tapi relatif kecil hanya beberapa buah saja," kata dia dalam konferensi pers paparan kinerja Adira Finance Semester I-2022, Jumat (29/7/2022).

Baca juga: Ini Daftar Kendaraan Roda Empat yang Tidak Boleh Isi Pertalite

Ia menambahkan, untuk membuat bisnis kendaraan listrik ini berkembang, masih banyak infrastruktur yang perlu dibangun. Tidak hanya urusan pengisian baterei, tetapi pengolahan limbah batrei juga perlu diolah. Pasalnya, limbah batrei termasuk bahan yang berbahaya.

"Banyak hal yang harus dipersiapkan, tetapi saya percaya perubahan akan terjadi," imbuh dia.

Made menjelaskan, perubahan penjualan kendaraan listrik terhadap portofolio pembiayaan Adira Finance tidak akan langsung meningkat tajam. Namun, begitu ia percaya jumlahnya akan tumbuh perlahan.

Berdasarkan data yang ia miliki, penjualan kendaraan listrik di Thailand telah mencapai 10 persen. Sedangkan, penjualan kendaraan listrik di Jerman mencapai sekitar 30 persen.

"Artinya cepat atau lambat, Indonesia juga akan mengalami perubahan ini," tutur dia.

Direktur Portofolio Adira Finance Harry Latif mengatakan, perusahaan telah membiayai semua jenis mobil listrik di Indonesia. Sedangkan, untuk sepeda motor Adira Finance telah menjalin kerja sama dengan 6 brand sepeda motor listrik untuk didanai.

"Ada perbedaan, kalau untuk mobil itu sudah mulai banyak ke retail, tapi segmennya masih agak ke atas. Sedangkan sepeda motor belum digunakan di segmen ritel, masih digunakan ke arah korporat misalnya pada Grab dan Gojek. Intinya, motor listrik sebenarnya menjanjikan tetapi butuh waktu," terang dia.

Sebagai informasi, Adira Finance telah melakukan pembiayaan untuk beberapa motor listrik misalnya Gesit, Viar, United Motor, Volta, NIU, dan Selis Eagle Prix.

Sementara untuk mobil listrik, Adira Finance optimistis penjualannya akan lebih ramai di semester II-2022.

Baca juga: Kata Moeldoko soal Tantangan Pengembangan Kendaraan Listrik di RI: Ibarat Ayam dan Telur

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.