[POPULER MONEY] Membandingkan Laba Pertamina Vs Petronas Malaysia | Erick Thohir soal Citayam Fashion Week Dipindah ke Sarinah

Kompas.com - 01/08/2022, 05:40 WIB

1. Bak Bumi dan Langit, Membandingkan Laba Pertamina Vs Petronas Malaysia

PT Pertamina (Persero) membukukan laba bersih atau net profit mencapai 2,05 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 29,69 triliun pada tahun anggaran 2021.

Torehan laba bersih perusahaan pelat merah itu naik sebesar 95 persen dari capaian pada 2020 di posisi 1,05 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 15,2 triliun.

Pembukuan laba bersih itu sudah disepakati oleh pemegang saham lewat Rapat umum Pemegang Saham (RUPS) Tahun Buku 2021 yang berlangsung pada Juni 2022 lalu.

Adapun kinerja keuangan Pertamina itu sudah jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya. Sebagai catatan saja, pada tahun 2021 Pertamina berhasil mencatatkan pendapatan sebesar 57,51 miliar dollar AS atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 832,97 triliun.

Nah bagaimana bila dibandingkan dengan BUMN minyak milik Malaysia, Petronas? Simak di sini

2. Di Mana Sri Mulyani Menyimpan Ribuan Triliun Duit Negara?

Mungkin banyak orang yang penasaran, di bank mana pemerintah Indonesia menyimpan uangnya yang berjumlah ribuan triliun sebagai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

APBN Indonesia tahun 2021 sendiri adalah sebesar Rp 2.750 triliun.

Sementara di tahun 2022, bendahara negara sekaligus Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mematok besaran penerimaan negara sebesar Rp 2.266 triliun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.