Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Jazak Yus Afriansyah
Trainer

Author, Coach, Trainer.
Master of Technology Management.

5 Tahap “FOCUS” Membidik Kesuksesan (Bagian Terakhir 8 Artikel Seri Green Ocean Strategy)

Kompas.com - 15/08/2022, 08:53 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

GREEN Ocean Strategy terdiri dari 8 Strategi yang dikembangkan secara khusus untuk mendorong individu dan korporasi lincah dan gagah bertumbuh dalam situasi yang penuh dengan ketidakpastian.

Khususnya pada kondisi saat ini di mana kita menghadapi tantangan yang terus datang silih berganti.

Setelah Pandemi COVID-19 mereda, tanpa terduga tantangan ketidakpastian berganti dengan terjadinya perang dan potensi perang, yang secara global memberikan dampak langsung maupun tidak langsung terhadap kelangsungan bisnis kita.

Dengan Inspirasi 8 Strategi ini Anda akan semakin tangguh dengan lincah, baik sebagai seorang profesional yang terus mengembangkan karir, atau sebagai seorang entrepreneur dan pemimpin bisnis yang penuh percaya diri meresepons ketidakpastian dan mengubahnya menjadi peluang untuk pertumbuhan.

Secara bertahap akan kami bagikan 8 Strategi Samudera Hijau tersebut melalui 8 seri artikel Green Ocean Strategy.

Baca artikel pertama: 5 Pilar Strategi Bertumbuh (Bagian 1 dari 8 Artikel seri Green Ocean Strategy)

Pada edisi ini akan kita bahas strategi yang kedelapan, yaitu Strategi FOCUS yang merupakan 5 Tahapan untuk membidik kesuksesan.

I do not care too much what happened in the past. I prefer to focus on what is coming next and I am really looking forward to it.” Sebastian Vettel

Kita mulai dengan tahap 1, yaitu tahap F untuk Framming the Goals atau gambarkan secara jelas apa mimpi dan cita-cita kita, dalam Bahasa Pengembangan Diri ini sering disebut dengan teknik Visualisasi.

Upayakan apa yang ingin kita raih bisa kita gambarkan sedetail mungkin. Bisa juga digunakan kaidah SMART yang terdiri dari Specific, Measureable, Achieveble, Realistic, Timebound.

Fakta menunjukkan mereka yang memiliki gambaran tujuan atau goals yang jelas, memiliki kemungkinan yang tinggi berhasil mencapainya.

Bahkan dalam beberapa best practice mereka mendapatkannya lebih cepat dan lebih hebat dari yang diharapkan.

Jadi mulai saat ini definisikan dengan lugas apa yang akan kita raih meliputi apa, kapan, di mana, berapa, bagaimana, dengan siapa dan seperti apa?

Jawaban atas pertanyaan ini akan membantu kita membuat Framing the Goals secara lebih jelas.

Sukses pada tahapan F, kita lanjutkan ke tahap O untuk On Fire atau semangat yang membara untuk mencapai semua harapan yang ingin kita wujudkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com