Masyarakat dapat Kelola Sampah Plastik Rumah Tangga untuk Dukung Ekonomi Sirkular

Kompas.com - 17/08/2022, 09:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengadakan acara The Rising Tide - A Grassroot Movement for Sustainability. Acara ini mengkampanyekan kesadaran lingkungan dengan menciptakan ekosistem pengelolaan sampah rumah tangga berkelanjutan.

Acara ini sekaligus menjadi komitmen untuk menjalankan ekonomi sirkular dalam upaya pengurangan sampah.

Menteri Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya mengatakan, hal yang paling penting di lingkungan adalah masyarakat bisa memahami persoalan sampah.

"Mengkampanyekan bersih sampah dan lingkungan adalah kepentingan bersama. Saya mendukung produsen yang mendukung gerakan ini," kata Siti dalam siaran pers, Rabu (17/8/2022).

Baca juga: Kurangi Sampah, KLHK Ingatkan Masyarakat Batasi Penggunaan Barang Sekali Pakai dan Belanja Tanpa Kemasan

Menanggap hal tersebut, Corporate Sustainability Director Le Minerale Ronald Atmadja selaku sponsor dari gerakan ini mengatakan, perusahaannya akan terus bersinergi dengan banyak pihak untuk bersama-sama menggencarkan gerakan ekonomi sirkular nasional.

Sejalan dengan kampanye ini, ia bilang, Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional (GESN) yang merupakan kolaborasi antara Le Minerale, KLHK, ADUPI dan Ikatan Pemulung Indonesia, saat ini juga sudah menunjukkan kemajuan.

"Program GESN diharapkan bisa mengakselerasi daur ulang plastik menjadi produk yang lebih bernilai ekonomi tinggi dan demi pelestarian lingkungan yang kita perjuangkan bersama,” terang dia.

“Rumah tangga bisa memainkan peran penting dalam pengelolaan sampah dan pelestarian lingkungan, seperti mempraktikkan pemilahan sampah yang nantinya akan meminimalkan sampah plastik dan pada akhirnya mendukung ekonomi sirkular,” imbuh Ronald.

Baca juga: Ini Kendala yang Dihadapi dalam Mengurangi Sampah Plastik di Indonesia

Kompas Video Menyulap limbah plastik menjadi karya bernilai jutaan, inilah kisah Edy Suratna Ginting sang seniman pelukis sampah plastik


Lebih lanjut, ia menjelaskan sebagai produsen Le Minerale mendukung misi KLHK untuk mengurangi angka timbulan sampah. Oleh karena itu, pihaknya dengan terintegrasi terus menggerakan ekonomi sirkular sebagai bagian dari Extended Proucers Responsibility (EPR) yang kini digaungkan oleh pemerintah.

Sebagai informasi, Kampanye The Rising Tide dilaksanakan dengan kegiatan Triathlon sepanjang 1.293 kilometer yang berlangsung selama 30 hari.

Selama perjalanan itu, terkumpul 68 ton sisa konsumsi rumah tangga. Dari jumlah tersebut, 78 persen adalah plastik, dan 40 persen di antaranya memiliki nilai daur ulang yang tinggi. Sampah terkoleksi akan disalurkan kepada industri daur ulang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.