BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Ingin Jadi Wirausaha Muda Sukses? Simak 5 Kiat Berikut Sebelum Memulai Bisnis

Kompas.com - 27/08/2022, 12:57 WIB

KOMPAS.com - Setiap individu punya kesempatan untuk sukses, termasuk anak muda. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meraih kesuksesan, salah satunya dengan membuka bisnis atau menjadi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Sayangnya, semangat anak muda untuk membuka usaha kerap terhalangi pikiran bahwa mereka harus memiliki modal besar terlebih dahulu. 

Padahal, membangun usaha bukan perkara modal saja. Landasan lain yang tak kalah fundamental adalah keberanian dan semangat. Dengan spirit ini, kamu bisa memulai bisnis meski memiliki modal yang minim.

Lantas, bagaimana kiat menjadi wirausaha muda yang sukses di masa depan? Berikut adalah lima hal yang perlu diketahui untuk memulai usaha.

Baca juga: Lebih Untung, Ini 4 Manfaat bagi UMKM yang Melek Digital

1. Pilih jenis usaha yang diminati

Sebelum memulai usaha, pastikan kamu tidak memulai usaha karena ingin mengikuti tren atau fear of missing out (FOMO). Seolah takut kehilangan momen, kamu pun menjalankan bisnis yang tengah diminati masyarakat.

Menjalankan bisnis yang relevan dengan tren memang tak salah. Namun, sebaiknya kamu memilih bidang bisnis atau produk yang disukai.

Pasalnya, menjalankan usaha sesuai minat dan renjana (passion) bisa membuat bisnis menjadi langgeng meski banyak kompetitor.

Sebagai contoh, kamu memutuskan membuka kedai kopi lantaran saat ini tengah jadi tren, sekalipun tidak suka minuman tersebut. Padahal, sebagai pemilik usaha, kamu juga harus punya kedekatan psikologis dengan produk yang dijual.

Baca juga: Mulai dari Bangun Jejaring hingga Peluang Kolaborasi, Ini 5 Manfaat UMKM Gabung Komunitas Bisnis

Jika dipaksakan, kamu bisa kewalahan menjalankan bisnis tersebut karena kesulitan dalam memahami dan mengikuti tren kopi yang digemari pencintanya.

2. Lakukan riset pasar

Setelah memilih jenis usaha sesuai minat, langkah berikutnya adalah melakukan riset pasar terkait produk yang akan dijual. Hal ini krusial karena kondisi pasar dapat menentukan keberlangsungan usaha.

Melalui riset pasar, kamu bisa mengetahui apa yang tengah dibutuhkan konsumen. Informasi ini dapat dimanfaatkan untuk membaca peluang usaha sekaligus menjadi pemantik ide untuk membuat produk-produk yang bisa menarik minat konsumen.

Selain itu, pelajari pula karakter calon konsumen yang menjadi target dari hasil riset pasar tadi. Dengan begitu, kamu bisa memberikan pelayanan dan produk sesuai karakteristik mereka. 

Baca juga: Sukses Gelar PRS 2022 di Kota Semarang, BRI Dukung Pelaku UMKM agar Makin Berdaya Saing

Pahami pula strategi yang digunakan kompetitor dalam memasarkan produk. Kendala dan risiko bisnis juga perlu dipertimbangkan dengan cermat agar bisnis tetap bertahan.

3. Perkuat niat berwirausaha

Hal tak kalah penting berikutnya adalah memperkuat niat untuk berbisnis. Dengan niat kuat, niscaya kamu tak mudah goyah dalam menjalankan bisnis, meski menghadapi berbagai kendala. Biasanya, niat teguh tecermin dari visi dan misi usaha yang dibangun.

Sebagai contoh, wirausaha bidang kerajinan tangan memiliki visi untuk memberdayakan warga sekitar agar dapat meningkatkan taraf hidup mereka. Ada pula wirausaha bidang fesyen yang mengusung visi memperkenalkan wastra atau kain tenun karya perajin tradisional agar semakin dikenal masyarakat dalam dan luar negeri.

Oleh sebab itu, temukan visi dan misi yang jelas, serta dampak positif yang bisa dirasakan orang lain lewat bisnis yang kamu jalankan. Dengan begitu, kamu semakin mantap dalam melangkah.

Baca juga: Kemenkeu: Pembiayaan UMKM Masih Hadapi Tantangan

4. Ciptakan jenama yang otentik

Berangkat dari modal kecil bukan berarti bisnis yang kamu jalankan tak dapat menjadi besar. Sebagai upaya mewujudkan impian itu, ciptakanlah brand atau jenama yang otentik.

Jenama yang unik akan memudahkan konsumen mengenali usahamu. Selain itu, jenama yang otentik bisa meningkatkan awareness konsumen sekaligus membangun personal branding

Dengan demikian, bisnismu berpotensi dikenal banyak orang dan berkembang. 

5. Jaga konsistensi

Menjaga konsistensi adalah kunci agar bisnis tetap langgeng. Adapun sikap ini akan teruji seiring waktu bisnis berjalan, terutama ketika menghadapi rintangan. Oleh karena itu, tetaplah optimistis meski pada fase awal harus menghadapi sejumlah tantangan dan bekerja ekstra.

Baca juga: Percepat UMKM Penetrasi Digital, Ajang Kompetisi Caripreneur Digelar

Nah, itulah lima hal yang patut diperhatikan sebelum kamu terjun menjadi wirausaha. Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut, kamu tak perlu lagi takut memulai bisnis. 

Usung tema Pede Memimpin Perubahan, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI kembali menggelar Pesta Rakyat Simpedes (PRS) di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat pada 26-28 Agustus 2022. 

Dok. BRI Usung tema Pede Memimpin Perubahan, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI kembali menggelar Pesta Rakyat Simpedes (PRS) di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat pada 26-28 Agustus 2022.

Terlebih, ada banyak pihak yang punya komitmen mendukung pelaku UMKM dan wirausaha muda di Tanah Air. Salah satunya, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI.

Sebagai lembaga keuangan yang berkomitmen membantu UMKM, BRI rutin menggelar program pemberdayaan dan edukasi literasi keuangan, serta mendorong peningkatan pembayaran digital melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Salah satunya, melalui program Pesta Rakyat Simpedes (PRS) yang diadakan setiap tahun.

Kali ini, PRS 2022 digelar di Lapangan Dadaha, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat (Jabar), Jumat (26/8/2022) hingga Minggu (28/8/2022). Tasikmalaya merupakan kota ke-5 yang disambangi BRI.

Baca juga: Mengapa Pelaku UMKM Harus Punya Nomor Induk Berusaha?

Adapun tema yang diusung pada PRS 2022 di Kota Tasikmalaya bertajuk “Pede Memimpin Perubahan”. Melalui tema ini, BRI mendorong seluruh pelaku UMKM di Indonesia percaya diri atau pede dalam berinovasi dan berbisnis agar dapat membawa perubahan signifikan bagi perekonomian Indonesia.

Rangkaian PRS dimulai dengan Gerakan Literasi Digital yang tersebar di 11 titik pasar tradisional di Kota Tasikmalaya, mulai Minggu (21/8/2022) hingga Jumat (26/8/2022).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dan pelaku UMKM terhadap layanan keuangan berbasis digital sehingga dapat mengelola keuangan, serta mendapatkan pelayanan perbankan yang utuh dari BRI.

UMKM di Kota Tasikmalaya pun menyambut positif kegiatan tersebut. Mereka juga berkesempatan untuk menerima layanan perbankan secara langsung.

Baca juga: Bahlil: Urus Izin NIB Tidak Perlu Ketemu Menteri, Gubernur, Kepala Dinas, Gratis untuk UMKM

Pada PRS 2022, BRI telah menyiapkan sejumlah rangkaian kegiatan guna meningkatkan kapasitas para pelaku UMKM di Kota Tasikmalaya dengan membawa enam pilar utama, yaitu Pasar, Pojok X’sis, Peduli, Pawai, Panen, dan Panggung.

Pada program Pasar, BRI menghadirkan berbagai produk unggulan UMKM Kota Tasikmalaya, mulai dari kuliner, kerajinan, hingga fesyen. Tak hanya diikuti UMKM binaan BRI, program Pasar juga dihadiri pelaku UMKM lain yang berasal dari Kota Tasikmalaya.

Adapun acara Pawai disemarakkan oleh sejumlah komunitas yang ada di Kota Tasikmalaya, di antaranya Komunitas Ontel Tasik, Tim Penari Daerah, MGBS Universitas Siliwangi, dan Komunitas Mantri.

PRS BRI 2022 juga menyiapkan kegiatan corporate social responsibility (CSR) sebagai wujud dari pilar kepedulian kepada masyarakat, seperti cek kesehatan gratis, donor darah, dan cukur rambut gratis yang dilayani oleh kapster dari barbershop unggulan di Kota Tasikmalaya.

Baca juga: Rahasia UMKM di Bandung Bangkit dari Pandemi hingga Jual Ribuan Baju Anak

Untuk memeriahkan PRS 2022 di Kota Tasikmalaya, BRI juga menghadirkan panggung hiburan yang disemarakkan sejumlah artis, baik lokal maupun nasional, seperti Willy Preman Pensiun, The Plamboy, Geisha, Ayu Ting Ting, Anji, dan Slank.

Sebagai informasi, setiap pengunjung yang beruntung akan mendapatkan uang tunai senilai jutaan rupiah dan doorprize utama berupa satu unit Yamaha Fazzio.

Untuk hadir dan turut serta dalam event tersebut, pengunjung yang telah memiliki aplikasi BRImo dapat masuk dengan melakukan scan QRIS untuk membayar tiket masuk sebesar Rp 1 pada ticket box di area PRS.

Bila belum memiliki aplikasi BRImo, pengunjung dapat mengunduh dan melakukan registrasi di area yang telah disediakan. Area ini dihadirkan untuk memberikan literasi digital kepada seluruh pengunjung untuk dapat bertransaksi secara digital selama beraktivitas di area PRS.

Informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaraan PRS BRI 2022 dapat diakses melalui tautan berikut.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.