Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penuhi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian, Kemenhub Lantik 830 Taruna

Kompas.com - 28/08/2022, 21:30 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melantik sebanyak 830 taruna dan taruni di kampus Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD (PTDI-STTD), Bekasi. Pelantikan ini dilakukan oleh Inspektur Jenderal Kemenhub I Gede Pasek Suardika.

Wisudawan yang dilantik merupakan para perwira transportasi darat dari Sarjana Terapan Transportasi Darat Alih Jenjang sebanyak 23 orang, Sarjana Terapan Transportasi Darat sebanyak 331 orang, Diploma III (D-III) Manajemen Transportasi Jalan sebanyak 381 orang, dan Diploma III (D-III) Manajemen Transportasi Perkeretaapian sebanyak 95 orang.

“Pembangunan SDM menjadi kunci keberhasilan dan kemajuan Indonesia di masa depan. Kemajuan dan perkembangan teknologi akan bertumpu pada Sumber Daya Manusia dengan pemanfaatan teknologi yang mampu menciptakan nilai baru melalui perkembangan teknologi sehingga dapat meminimalisir kesenjangan pada manusia dan masalah ekonomi di kemudian hari," kata dia dalam siaran resmi, dikutip Minggu (28/8/2022).

Baca juga: Kemenhub Dorong Sistem Pembayaran Transportasi Berbasis Akun, Apa Manfaatnya?

Ia menyampaikan, PTDI-STTD memiliki peran dalam penyediaan dan peningkatan kualitas SDM Perhubungan yang adaptif dan kompetitif.

“Tenaga profesional muda sangat dibutuhkan oleh Kementerian Perhubungan, dan Pemerintah Daerah dalam regenerasi angkatan kerja dan mendorong percepatan pembangunan, pemerataan, dan penguasaan teknologi tepat guna terbaru yang berjenjang dari pusat ke daerah agar tercipta sinergitas yang baik demi kemajuan transportasi khususnya transportasi darat dan perkeretaapian," jelas dia.

“Perguruan tinggi harus mampu memprediksi dan mengantisipasi kompetensi yang dibutuhkan di dalam dunia kerja dan teknologi tranportasi masa depan dengan terus melaksanakan riset-riset," imbuh dia.

Ia menyampaikan, pemerintah harus serius dalam melihat konsep transportasi cerdas masa depan bukan sebagai proyek belaka melainkan sebagai konsep yang harus menjadi perhatian.

Baca juga: Kemenhub Tingkatkan Fungsi Jembatan Timbang Jadi Rest Area

Terakhir, ia berpesan wisudawan harus terus meningkatkan kompetensi, kemampuan, sikap mental, disiplin dan tanggung jawab yang tinggi agar mampu memberikan pelayanan  yang terbaik kepada masyarakat.

Sementara itu, Direktur PTDI-STTD, Ahmad Yani, ATD, MT menyampaikan bahwa terdapat 4 wisudawan terbaik dari masing-masing Program Studi.

Wisudawan terbaik itu yaitu Taruna Parman dari Sarjana Terapan Transportasi Darat Alih Jenjang yang meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebesar 3,70, Taruni Ni Luh Gede Yustia dari Prodi Transportasi Darat Program Sarjana Terapan yang meraih IPK sebesar 3,81.

Wisudawan lain, Taruni Anita Dwi Martini dari Prodi DIII-Manajemen Transportasi Jalan meraih IPK sebesar 3,78 dan Taruna Dida Wanapati dari Prodi D-III Manajemen Transportasi Perkeretaapian dengan nilai IPK 3,68.

“Kegiatan wisuda ini dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat, dengan dihadiri para tamu undangan dan para orang tua wisudawan” tutup dia.

Sebagai informasi, pelaksanaan wisuda kali ini juga disiarkan secara live streaming melalui akun YouTube Channel Land Transport Academy.

Baca juga: Cegah Terminal Bus Sepi Penumpang, Kemenhub Terapkan Mixed Use, Apa Itu?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com