Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lindungi Hak Cipta Musisi, Sandiaga Uno Mau Luncurkan Platform Portamento

Kompas.com - 09/09/2022, 15:10 WIB
Akhdi Martin Pratama

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, untuk melindungi karya dari para musisi Indonesia pemerintah akan menerbitkan suatu program yang bernama portamento.

Portamento merupakan platform perhitungan royalti bagi musisi. Platform ini diharapkan bisa menjadi solusi untuk meningkatkan ekonomi dan melindungi hak cipta musisi.

"Kita akan menerbitkan suatu program namanya portamento dan ini karya musik memberantas pembajakan," ujar Sandiaga Uno dalam keterangan tertulisnya, Jumat (9/9/2022).

Baca juga: Sandiaga Uno: Kami Meyakini Para Pelaku Usaha Bisa Bertahan Menghadapi Gejolak Ekonomi

Menurut dia, pemerintah akan memberikan insentif atau stimulus melalui fasilitas pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) secara gratis, dan ditambah pendampingan.

Dalam rangka mendukung musisi Indonesia, mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu pun menghadiri talkshow dengan tema 'Digitalisasi Musik' di Auditorium Universitas Ciputra, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Pada kesempatan itu, Sandiaga juga berbincang langsung dengan Juang Manyala, CEO Pmancar.com.

Juang mengatakan, dirinya telah membuat sebuah platform yang menjadi wadah transaksi ekonomi musisi.

Baca juga: Sandiaga Uno Yakin Sektor Ekonomi Kreatif Paling Cepat Pulih Setelah Pandemi

"Saya sampaikan ke Kementerian dan Pak Menteri Sandiaga Uno terkait bagaimana Makassar shifting digital era. Jadi musisi bikin project digital lalu dijual di pmancar.com sehingga ada transaksi ekonomi oleh para musisi di situ," kata Juang.

Sementara itu, salah satu peserta talkshow digitalisasi musik Makassar, Eti mengatakan, kegiatan ini menjadi penting bagi kalangan milenial maupun generasi z. Terlebih adanya dorongan dari Sandiaga Uno bisa membuat musisi untuk meningkatkan ekonomi.

"Anak-anak muda bisa menyalurkan hobinya sebagai musisi. Jadi itu sangat bagus sekali buat kita bisa menciptakan lapangan kerja dan dapat meningkatkan dari segi pendapatan," ucap Eti.

Baca juga: Sandiaga Uno Ajak Pelaku Ekraf Bandar Lampung Genjot Produk Kriya, Kuliner dan Fesyen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com