Membandingkan Harga BBM Nonsubsidi Pertamina RI Vs Petronas Malaysia

Kompas.com - 09/09/2022, 13:49 WIB

KOMPAS.com - Kenaikan harga BBM di Indonesia selalu jadi polemik nasional. Per 3 September 2022, pemerintah baru saja menaikkan harga BBM yang dijual Pertamina yang meliputi Pertalite, Pertamax, dan Solar.

Dua BBM yakni Pertalite dan Solar adalah jenis bahan bakar subsidi. Sementara Pertamax merupakan bensin yang tidak masuk dalam BBM penugasan alias nonsubsidi.

Jika di Tanah Air BBM tengah jadi polemik nasional, tak demikian halnya di Malaysia. Warga Negeri Jiran itu selama ini justru menikmati harga BBM yang relatif sangat murah dibandingkan para tetangganya di ASEAN.

Di Malaysia, harga BBM jenis bensin RON 95 disubsidi pemerintah sehingga bisa dijual di harga RM 2.05 per liter atau jika dirupiahkan setara dengan Rp 6.760 per liter (kurs Rp 3.300).

Baca juga: Pertamina Mengaku Masih Jual Rugi Pertamax meski Harganya Sudah Naik

Meski disubsidi, BBM RON 95 yang dijual Petronas di Malaysia ini secara kualitas berada di atas Pertamax Pertamina yang memiliki RON 92. Sementara Pertalite merupakan BBM subsidi dengan RON 90.

Sebagai informasi saja, harga Pertalite saat ini dibanderol Pertamina seharga Rp 10.000 per liter. Lalu bagaimana perbandingan harga untuk BBM nonsubsidi di kedua negara?

Harga BBM nonsubsidi Pertamina vs Petronas

BBM nonsubsidi yang dijual di Negeri Jiran adalah RON 97. Mengutip laman Kementerian Perdagangan Dalam Negeri dan Halehwal Pengguna (KPDNHEP), bensin RON 97 di sana adalah sebesar RM 4.30 atau setara dengan Rp 14.190 per liter.

Bandingkan dengan harga BBM nonsubsidi di Indonesia yang dijual Pertamina, yakni Pertamax (RON 92) yang saat ini dijual Rp 14.500 per liter.

Baca juga: Mengapa Harga BBM di Malaysia Sangat Murah?

Selain selisih harganya yang lebih murah, dengan RON 97, bensin nonsubsidi di Malaysia juga lebih berkualitas dibandingkan Pertamax. 

Secara kualitas, BBM RON 97 Petronas ini hanya kalah dari produk Pertamina dengan RON 98 yakni Pertamax Turbo yang harganya saat ini Rp 15.900 hingga 16.250 per liter.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.