Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 5 Tips Membagi Waktu antara Pekerjaan dan Usaha Sampingan Secara Efektif

Kompas.com - 14/09/2022, 18:08 WIB
Elsa Catriana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki usaha sampingan adalah salah satu opsi yang bisa dicoba untuk mendapatkan tambahan uang.

Namun yang perlu dipertimbangkan adalah bagaimana cara mengatur waktunya agar tidak bentrok dengan aktivitas lain, apalagi ketika memiliki pekerjaan tetap.

Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, membagikan 5 tips agar bisa membagi waktu antara pekerjaan dan usaha sampingan secara efektif.

Pertama disebutkan dia adalah alokasi waktu dengan tepat. Dia menjelaskan, membagi waktu antara pekerjaan tetap dan bisnis sampingan akan membantu menghindari pengorbanan waktu antara satu kegiatan dengan yang lainnya.

“Misal, di pagi hari bisa difokuskan pada pekerjaan tetap. Saat istirahat siang, bisa menikmati makan siang sambil bertemu dengan vendor usaha sampingan atau membalas chat calon pembeli," ujarnya dalam siaran persnya, Rabu (14/9/2022).

Baca juga: Tips Sukses bagi Anak Muda Miliki Karier Cemerlang ala Erick Thohir

Tips kedua, khusus untuk pengusaha yang berjualan online di Tokopedia, bisa mengaktifkan fitur smart reply. Fitur ini dapat memudahkan penjual dalam membalas chat pembeli dengan lebih cepat secara otomatis.

Dengan begitu, penjual bisa menggunakan Smart Reply untuk tiga fungsi yang berbeda, yaitu menjawab pertanyaan tentang stok produk, pengiriman dan spesifikasi produk.

“Fitur Smart Reply ini akan membantu penjual tetap responsif dengan calon pembeli walau sedang sibuk dengan kegiatan lain,” ujar Ekhel.

Baca juga: Viral Twit Tips Isi BBM dengan Nominal Ganjil agar Tak Dicurangi, Ini Kata Pertamina

 


Tips ketiga adalah manfaatkan fitur iklan agar promosi terus berjalan. Penjual dapat memanfaatkan fitur beriklan otomatis TopAds agar produknya tampil teratas di halaman Tokopedia.

Cukup dengan mengatur anggaran harian, penjual secara lebih praktis dapat menjangkau lebih banyak pembeli dan memaksimalkan penjualan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com