Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Waktu Dekat, Nasabah Bank DKI Bisa Setor dan Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BCA

Kompas.com - 26/09/2022, 20:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk atau BCA bekerja sama dengan PT Bank DKI dalam pemanfaatan jaringan ATM setor dan tarik tunai BCA untuk memenuhi kebutuhan setor tarik tunai (Cash Recycling Machine/CRM) tanpa kartu nasabah Bank DKI.

Dengan kerja sama ini, nasabah Bank DKI dapat melakukan setoran dan tarik tunai tanpa kartu di 16.839 jaringan ATM BCA di manapun dalam waktu dekat.

Direktur BCA Rudy Susanto mengatakan, saat ini kebutuhan untuk setor dan tarik tunai tanpa kartu di jaringan ATM masih terbilang tinggi karena tidak semua transaksi dilakukan secara digital.

Baca juga: Mau Tarik Tunai BCA di Indomaret Terdekat? Cek Syarat dan Biayanya

Selain memberikan layanan kepada nasabah BCA, jaringan ATM BCA dapat juga dimanfaatkan oleh bank atau institusi keuangan lain sesuai dengan ketersediaan fitur, layanan, dan kebutuhan.

"Kami menyambut baik kerja sama ini sebagai bagian dari upaya memberikan layanan terbaik, tidak hanya bagi nasabah BCA, tetapi juga nasabah dari bank lain, seperti Bank DKI," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (26/9/2022).

Sementara itu, Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI Amirul Wicaksono menambahkan, ucapan terima kasih dan apresiasi atas kerja sama yang terjalin antara Bank DKI dan BCA dalam pemanfaatan jaringan ATM setor tarik tunai BCA untuk memenuhi kebutuhan setor tarik tunai tanpa kartu nasabah Bank DKI.

Melalui layanan mobile cash, dalam waktu dekat ini nasabah Bank DKI dapat melakukan transaksi tarik dan setor tunai tanpa menggunakan kartu ATM melalui aplikasi JakOne Mobile.

Implementasi Layanan digital mobile cash melalui aplikasi JakOne Mobile Bank DKI tersebut juga merupakan perwujudan dari transformasi digital yang saat ini sedang dilakukan oleh Bank DKI.

Baca juga: Rincian Limit Tarik Tunai BCA di ATM Berdasarkan Jenis Kartu

"Ini adalah langkah adaptif kami (Bank DKI) dalam memenuhi kebutuhan dan perubahan pola perilaku nasabah yang semakin bergerak ke arah digital," ucap Amirul.

Untuk kebutuhan setor dan tarik tunai tanpa kartu di jaringan ATM BCA, nasabah Bank DKI harus melakukan permintaan (request) melalui aplikasi JakOne Mobile Bank DKI.

Dari permintaan tersebut, nasabah Bank DKI akan mendapat nomor identifikasi dan kode transaksi. Nasabah Bank DKI wajib menginput nomor identifikasi dan kode transaksi tersebut pada ATM BCA, sebelum akhirnya dapat menggunakan layanan setor dan tarik tunai tanpa kartu di CRM tersebut.

Sebagai informasi, BCA memiliki dua jenis ATM, yaitu ATM Tarik Tunai dan ATM Multi fungsi. Sesuai dengan jenisnya, layanan setor tunai tanpa kartu hanya dapat dilakukan pada ATM jenis multifungsi, sedangkan layanan tarik tunai tanpa kartu dapat dilakukan melalui ATM Tarik Tunai dan Multi fungsi.

ATM setor dan tarik tunai BCA dapat menerima denominasi uang pecahan Rp 100.000 dan Rp 50.000, dengan jumlah setoran maksimal 100 lembar. Dengan layanan setor tunai, saldo nasabah otomatis akan langsung efektif.

Baca juga: Meski BI Rate Naik, BCA Masih Belum Naikkan Suku Bunga Kredit

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com