Di DKI Jakarta Ada 395.866 Pekerja Kena PHK Telah Mengklaim JHT

Kompas.com - 05/10/2022, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Asisten Deputi Direktur Wilayah DKI Jakarta BPJS Ketenagakerjaan Zain Setyadi menyebutkan, peserta yang telah mengklaim Jaminan Hari Tuanya (JHT) mencapai 395.866 orang hingga 4 Oktober 2022.

Artinya, jumlah ini bertambah seiring banyaknya pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) sepanjang tahun ini.

"Kalau untuk klaim karena berhenti bekerja atau terkena PHK itu kasusnya 395.866 kasus yang ada di DKI Jakarta. Dengan total santunannya Rp 6,9 triliun sampai dengan kemarin, 4 Oktober 2022," katanya di Jakarta, Rabu (5/10/2022).

Baca juga: Ada Gelombang PHK, Klaim JHT Meningkat Sebanyak 2,2 Juta Pekerja

Jaminan perlindungan ketenagakerjaan itu menurutnya sangatlah penting. Karena kasus kematian dan kecelakaan kerja terus meningkat hingga mencapai lebih dari 4.000an.

"Di tahun 2022 ini saja, didata kami, Jaminan Kematian itu ada 4.341 kasus. Untuk Jaminan Kecelakaan Kerja ada 4.457 kasus, ini wilayah DKI saja. Dengan santunannya Jaminan Kecelakaan Kerja Rp 235 miliar, dan untuk kematian Rp 206 miliar," ucap Zain.

Baca juga: Ini 2 Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan JHT via Online

Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan khusus wilayah DKI Jakarta menargetkan kepesertaan hingga 900.000an. Sampai dengan 30 September, BPJS Ketenagakerjaan mencatat ada 571.457 orang menjadi peserta.

"Yang aktif untuk peserta penerima upah sampai dengan 30 September itu ada 571.457, kita realisasi sampai Oktober. Kalau target kita 912.000 dan insya Allah bisa tercapai akhir tahun," lanjut Zain.

Baca juga: Ingat Tak Perlu Tunggu 56 Tahun, Simak Aturan Lengkap Pencairan JHT Terbaru


Untuk mencapai target tersebut, kata Zain, BPJS Ketenagakerjaan berharap kepada para badan usaha agar mendaftarkan pekerjanya untuk mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Seperti yang dilakukan oleh badan usaha bergerak di bidang jasa transportasi melalui platform daring (online), inDriver yang telah memfasilitasi 1.000 mitra pengemudinya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaa serta ditanggung 2 bulan kompensasi biaya perlindungan Jamsos.

"Kita butuh dukungan untuk semua pihak, terutama perusahaan-perusahaan atau badan usaha yang mempekerjakan pekerja informalnya. Seperti sekarang inDriveer memberikan perlindungan kepada 1.000 mitra drivernya," pungkasnya.

Baca juga: Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan JHT Online lewat HP

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.