Layanan Tokopedia Ini Bisa Tekan Biaya Ongkir hingga Rp 0

Kompas.com - 22/10/2022, 17:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perusahaan e-commerce Tokopedia menggenjot layanan Dilayani Tokopedia yang merupakan layanan yang bisa dimanfaatkan para seller (penjual) UMKM dan konsumen untuk menekan biaya ongkos kirim alias ongkir.

AVP of Fulfillment Business Development Tokopedia, Samuel Simanjuntak mengatakan, lewat layanan ini para penjual atau seller UMKM bisa menitipkan produk di gudang pintar Tokopedia di wilayah dengan permintaan tinggi, agar mereka tidak perlu pindah ke kota besar untuk menjangkau pasar.

Sementara di sisi customer atau pembeli, bisa mendapatkan produk tersebut dengan lebih cepat dan efisien serta tarif ongkos kirim menjadi lebih murah.

Baca juga: Berikut Tarif Layanan Dilayani Tokopedia untuk UMKM

"Dengan adanya layanan ini sebenarnya tujuan utama itu ujung-ujungnya biayanya itu semakin rendah, karena produknya itu instan kayak kita kirim dari Jakarta ke Surabaya atau di lokasi gudang lain Jakarta ke Medan dan segala macam , yang kalau sudah dibeli oleh pembeli itu ongkirnya mahal, tapi kalau produknya udh ada di sini itu biaya ongkirnya bisa jauh lebih dipangkas bahkan deliverynya lebih cepat tapi biayanya bisa lebih murah," ujarnya dalam jumpa pers belum lama ini.

Adapun untuk biaya yang dikenakan ke UMKM yang ingin memanfaatkan layanan ini dipaparkan dia, Rp 750 per produk untuk penyimpanan 60-90 hari dan Rp 2.000 untuk penyimpanan lebih dari 90 hari.

"Biaya untuk 30 hari pertama gratis dan selanjutnya sesuai rasio jumlah penyimpanan. Kalau penyimpanannya fast movie itu akan lebih murah. Selain itu penentuan tarif semuanya sudah ada simulasi perhitungannya di website, jadi semuanya transparan," paparnya.

Menurut dia ada 4 manfaat yang dirasakaan para UMKM ketika memanfaatkan layanan ini yaitu adalah mudah mengembangkan bisnis, hemat biaya, ongkir Rp 0, dan produk tiba maksimal 48 jam, hingga dashbord dengan teknologi analitis.

Dia menambahkan, sepanjang kuartal III/2022, secara keseluruhan, jumlah pembeli yang menggunakan Dilayani Tokopedia naik 1,5 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya, sedangkan jumlah transaksinya melonjak lebih dari 2 kali lipat.

"Di sisi lain, jumlah penjual yang memanfaatkan Dilayani Tokopedia meningkat lebih dari 2 kali lipat," ungkapnya.

Pelaku UMKM juga merasakan dampak positif hadirnya layanan ini. Setelah menggunakan Dilayani Tokopedia sejak 2020, Pemilik Cozylila, Herry Bong, melihat adanya peningkatan omzet yang signifikan,

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.