Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Proses Pengeringan, Gaslink Subholding Gas Pertamina Layani Pabrik PT Garam

Kompas.com - 27/10/2022, 21:28 WIB
Achmad Faizal,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Subholding Gas Pertamina melalui afiliasinya PT Gagas Energi Indonesia (Gagas) mendukung ketersediaan garam nasional melalui penyaluran Gaslink ke salah satu unit produksi milik PT Garam.

Penyediaan bahan bakar gas melalui Gaslink mulai dilaksanakan di salah satu lokasi produksi milik PT Garam di Manyar Gresik Jawa Timur.

Gaslink yang disalurkan untuk membantu pengeringan garam dengan menggunakan rotary dryer. Perangkat tersebut mampu memangkas waktu produksi sekitar 15 persen dibandingkan dengan proses pengeringan garam secara manual.

“Gas bumi dapat menjadi bahan bakar mesin pengeringan garam. PGN dan Gagas sebagai Subholding Gas Group terus bersinergi untuk dapat melayani produsen garam lebih luas lagi," kata Area Head Surabaya PT PGN Tbk Arif Nurachman melalui keterangan resminya Kamis (27/10/2022).

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Industri, PT Garam Siap Bersaing dengan Garam Impor

Gaslink merupakan produk gas bumi PGN yang dikompresi atau biasa disebut Compresed Natural Gas (CNG) dimana dapat disalurkan menggunakan moda distribusi non pipa.

Dalam proses pengeringan tersebut, PT Garam akan membutuhkan bahan bakar gas sekitar 40.000 M³ per bulannya.

Gaslink akan dikirimkan menggunakan Gas Transport Module (“GTM”) atau truk berisi gas bumi CNG dengan total kapasitas truk mencapai 1.000 m³.

"Penyediaan Gaslink akan dipasok oleh Gagas dengan mengandalkan sumber pasokan gas dari SPBG Ngagel, Surabaya," jelasnya.

Arif menyatakan bahwa penyaluran Gaslink kepada PT Garam merupakan salah satu wujud sinergi antar BUMN dan afiliasi dalam meningkatkan nilai lebih masing-masing Perusahaan dan termasuk untuk kepentingan negara dan masyarakat.

Baca juga: Pabrik Cokelat Ternama di Surabaya Resmi Jadi Pelanggan Gaslink

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com