Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Raih Empat Penghargaan di Ajang AHI, Kementan Jadi Kementerian Terpopuler di Media Digital

Kompas.com - 29/10/2022, 09:50 WIB
Yussy Maulia Prasetyani,
Anissa DW

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) sukses meraih empat dari lima kategori penghargaan pada ajang Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2022. Adapun salah satu kategori yang dimenangkan adalah Institusi Terpopuler.

Tak hanya itu, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo juga ditetapkan sebagai Pemimpin Terpopuler di Media Digital.

Founder sekaligus Chief Executive Officer (CEO) Humas Indonesia Asmono Wikan mengungkapkan, AHI 2022 diikuti oleh sejumlah korporasi, kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

"Kementan berhasil meraih penghargaan pertama, yaitu kategori Pelayanan Informasi Publik untuk subkategori Laporan Pelayanan Informasi Publik. Penghargaan kedua adalah kategori Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Terbaik untuk subkategori PPID Utama," papar Asmono melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (29/10/2022).

Baca juga: Di Tengah Cuaca Ekstrem, Kementan Dorong Petani di Gianyar Manfaatkan Asuransi

Lebih lanjut, Asmono menjelaskan, penghargaan ketiga yang diraih oleh Kementan adalah kategori Media Internal untuk subkategori E-Magazine, Beritani, Volume XL Edisi Juni 2022. Kemudian, penghargaan keempat adalah kategori Kanal Digital untuk subkategori Media Sosial Instagram.

Sementara itu, AHI 2022 juga menetapkan Menteri Syahrul Limpo sebagai pemenang untuk kategori Terpopuler di Media Digital. 

Berbeda dengan kategori lainnya, kategori Terpopuler di Media Digital ditetapkan melalui proses media monitoring. Dalam pelaksanaannya, AHI menggandeng perusahaan penyedia jasa media monitoring, NoLimit.

“Berdasarkan hasil monitoring dan analisis kualitatif yang dilakukan, kami menetapkan Bapak Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sebagai pemenang Pemimpin Terpopuler di Media Digital 2022 dan Kementerian Pertanian Republik Indonesia sebagai Pemenang Institusi Terpopuler di Media Digital 2022," ujar Asmono yang juga menjadi salah satu juri pada AHI 2022.

Baca juga: Peroleh Bantuan RJIT dari Kementan, Produktivitas Pertanian Poktan di Kolaka Timur Meningkat

Sebagai informasi, AHI 2022 merupakan barometer pencapaian tertinggi kinerja Komunikasi Publik Biro Hubungan Masyarakat Dinas Komunikasi dan Informasi sepanjang periode 1 Juli 2021 sampai 30 Juni 2022.

Kehadiran kompetisi tersebut diharapkan dapat mendorong terciptanya hubungan masyarakat (humas) yang strategis dan kontributif bagi reputasi institusi publik dan badan usaha milik negara atau daerah.

Pada kesempatan sama, Mentan Syahrul Yasin Limpo mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas penyelenggaraan AHI 2022.

Ia mengatakan, saat ini, kebutuhan informasi publik sangat tinggi sehingga ia berharap penghargaan AHI 2022 dapat meningkatkan kualitas dan kinerja Humas Kementan dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat secara cepat dan tepat.

“Semoga kinerja positif ini dapat mendorong posisi dan fungsi Humas di Kementan agar menjadi semakin strategis. Humas di Kementan harus lebih terpacu untuk menghasilkan model dan strategi komunikasi yang kreatif dan inovatif," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com