Jumlah Investor BEI Lebih Banyak tetapi Nilai Transaksi Hariannya Kalah dari Thailand, Kok Bisa?

Kompas.com - 24/11/2022, 15:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rata-rata nilai transaksi harian (RNTH) Bursa Efek Indonesia (BEI) masih lebih rendah dibanding dengan bursa efek Thailand. Padahal, jumlah investor Indonesia lebih banyak dibanding Thailand.

Direktur Utama BEI Iman Rachman mengatakan, RNTH BEI mencapai Rp 14,9 triliun atau sekitar 1 miliar dollar AS per 22 November 2022. Ini meningkat 11,2 persen dibanding posisi awal tahun 2022 (year to date/ytd).

"Hanya lebih rendah di ASEAN dibandingkan Thailand. Thailand perdagangan hariannya rata-rata 2 miliar dollar, double. Sementara jumlah investor lebih sedikit," tutur dia, dalam CEO Networking 2022, Kamis (24/11/2022).

Baca juga: BEI Catat 42 Perusahaan Antre Rights Issue

Lebih lanjut Iman bilang, hal itu menunjukan pasar modal Thailand yang lebih "dalam". Bursa efek Negeri Gajah Putih itu disebut memiliki produk bursa yang lebih banyak dibanding Indonesia, sehingga meskipun jumlah investor lebih sedikit, transaksinya tetap tinggi.

Investor RI terus bertambah

Walaupun nilai transaksi masih kalah dari Thailand, jumlah investor RI yang telah mencapai 10 juta perlu diapresiasi. Pasalnya, pada 5 tahun lalu jumlah investor nasional baru mencapai 1,2 juta.

"Selama pandemi 3 tahun terakhir bertumbuh sekitar 2 juta per tahun," kata Iman.

Akan tetapi, rasio jumlah investor terhadap total penduduk RI masih lebih rendah dibanding negara ASEAN lain. Tercatat rasio total investor terhadap total penduduk Indonesia baru mencapai sekitar 3,6 persen.

"Kalau kita membadingkan dengan kawasan ASEAN rata-rata Singapura, Thailand, dan sebagainya itu jumlah dari pada investor dari pada total populasinya minimal di angka 5 persen, bahkan ada yang lebih tinggi dari itu," ucap Iman.

Baca juga: Ramai PHK di Perusahaan Startup Digital, Apakah Investor Kehabisan Uang?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.