Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantuan "Rombong Berkah", Dorong Warga Bangun UMKM untuk Keluar dari Kesulitan Ekonomi

Kompas.com - 01/12/2022, 21:05 WIB

GRESIK, KOMPAS.com - Guna membantu warga yang terdampak pandemi Covid-19, terutama mereka yang kurang mampu, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas Petrokimia Gresik memberikan bantuan berupa rombong berkah sebagai sarana untuk berjualan. Sekaligus, dalam rangka mendorong kemandirian ekonomi warga.

Ada sebanyak 32 rombong berkah disalurkan UPZ Baznas Petrokimia Gresik kepada warga, bersamaan dengan agenda bazar rombong berkah mitra Petrokimia Gresik, perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia, yang digelar di Kelurahan Sukorame, Gresik, Jawa Timur, Kamis (1/12/2022).

Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo mengatakan, perusahaan-perusahaan BUMN memang mendapat arahan dari Menteri BUMN Erick Thohir mengenai tiga hal. Di mana dalam arahan tersebut, supaya membantu masyarakat melalui program CSR, TJSL maupun program-program lain yang dapat membantu masyarakat.

"Tiga hal itu (arahan menteri BUMN), pertama mengenai pendidikan karena itu bisa memajukan generasi. Kedua adalah kelestarian lingkungan dalam menghadapi perubahan iklim," ujar Dwi Satriyo, di sela agenda bazar rombong berkah, Kamis.

"Ketiga adalah berkaitan dengan kegiatan seperti ini. Kami dari keluarga besar BUMN, dari perusahaan-perusahaan BUMN itu, bagaimana bisa membantu masyarakat, terutama masyarakat kecil, melalui UMKM," lanjut Dwi Satriyo.

Baca juga: Menteri Teten Sebut 40.473 UMKM dengan 763.385 Produk Telah Masuk e-Katalog LKPP

Dwi Satriyo menjelaskan, bersamaan agenda bazar yang digelar di Kelurahan Sukorame, ada sebanyak 32 rombong berkah yang diserahkan. Dengan secara keseluruhan, UPZ Baznas Petrokimia Gresik total sudah memberi bantuan sebanyak 251 rombong berkah kepada warga Gresik.

"Salah satu yang kami laksanakan, melalui UPZ Baznas Petrokimia Gresik. Di mana kami bisa memberikan, men-trigger masyarakat, untuk berusaha mandiri UMKM dengan memberikan rombong berkah," ucap Dwi Satriyo.

Agenda yang disambut hangat oleh warga, dengan mefungsikan rombong berkah yang mereka terima untuk berjualan bermacam menu makanan maupun minuman. Mulai dari sate ayam, pohong keju, rujak, hingga minuman jus buah, es campur dan beberapa varian camilan yang lain.

"Tentu saja, kami tidak ingin sekedar memberikan rombong berkah seperti ini dan selesai begitu saja. Namun kami menyampaikan kepada stakeholder, pemerintah daerah setempat, untuk bagaimana membantu masyarakat ini memulai dan mengembangkan usahanya," kata Dwi Satriyo.

Baca juga: Petrokimia Gresik Bantu Korban Gempa Cianjur Senilai Rp 100 Juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+