Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anjlok 3 Persen, Harga Minyak Dunia Makin Jauhi Level 90 Dollar AS

Kompas.com - 06/12/2022, 06:47 WIB

NEW YORK, KOMPAS.comHarga minyak mentah dunia ditutup turun pada akhir perdagangan Senin (5/12/2022) waktu setempat, atau Selasa pagi WIB. Penurunan harga minyak mentah dunia terjadi setelah The Fed mulai mempertimbangkan kenaikan suku bunga yang agresif.

Mengutip CNBC, harga minyak mentah berjangka Brent turun 3 persen menjadi 83 dollar AS per barrel. Sementara itu, harga West Texas Intermediate (WTI) turun 3,3 persen menjadi 77,32 dollar AS per barrel.

Saat ini struktur pasar terlihat contango atau harga kontrak berjangka lebih tinggi dari pada aset dasar (harga spot), yang menyiratkan kelebihan pasokan. Di sisi lain, secara tidak terduga sektor ketenaakerjaan AS mulai pulih, dan bersiap mengantisipasi resesi yang berpotensi terjadi tahun depan.

Baca juga: Harga Minyak RI Turun Tipis Menjadi 87,5 Dollar AS Per Barrel pada November 2022

Sementara itu, The Fed memperlambat kecepatan dan intensitas untuk menaikkan suku bunga. Hal ini terjadi di tengah tanda-tanda baru, bahwa inflasi AS mulai terkendali.

"Kegelisahan ekonomi makro terjadi, karena kebijakan suku bunga The Fed mengambil alih pasar," kata Phil Flynn, analis di grup Price Futures.

Sementara itu, Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya termasuk Rusia atau OPEC+, pada hari Minggu kemarin, sepakat untuk tetap berpegang pada rencana sebelumnya, yakni memangkas produksi sebesar 2 juta barrel per hari (bpd) dari November hingga 2023.

"Keputusan itu tidak mengherankan, mengingat ketidakpastian di pasar atas dampak larangan impor minyak mentah Rusia UE 5 Desember dan pembatasan harga G7," kata Ann-Louise Hittle, wakil presiden konsultan Wood Mackenzie .

“Selain itu, OPEC juga menghadapi risiko penurunan dari potensi melemahnya pertumbuhan ekonomi global, serta kebijakan zero Covid di China.”

Sementara itu, negara-negara Kelompok Tujuh (G7) dan Australia pekan lalu menyepakati batas harga 60 dollar AS per barrel untuk minyak Rusia dari lintasan laut. Pada saat yang sama, beberapa kota di China melonggarkan pembatasan Covid-19 selama akhir pekan.

Baca juga: Cek Perbandingan Harga BBM di SPBU Pertamina, Shell, dan BP-AKR Hari Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+