BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sido Muncul

Gandeng BenihBaik.com, Sido Muncul Sumbang Rp 300 Juta untuk Korban Gempa Cianjur

Kompas.com - 05/12/2022, 21:25 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk atau Sido Muncul kembali memberikan bantuan logistik untuk korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (5/12/2022).

Bantuan tersebut diberikan melalui platform crowdfunding BenihBaik.com senilai Rp 300 juta oleh Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat kepada pendiri BenihBaik.com sekaligus bintang iklan Sido Muncul Andy F Noya di Kantor Sido Muncul, Cipete, Jakarta Selatan. Selanjutnya, bantuan ini akan diteruskan kepada para korban gempa di Kabupaten Cianjur.

“Kami berterima kasih kepada BenihBaik.com yang telah menjembatani penyaluran bantuan tersebut. Semoga keadaan masyarakat terdampak gempa di Cianjur bisa segera membaik,” ujar Irwan di Kantor Sido Muncul, Senin.

Irwan memaparkan bahwa bantuan logistik senilai Rp 300 juta yang diberikan pihaknya pada korban gempa bumi Cianjur adalah berupa 500 terpal dengan ukuran 4x5 meter dan 35 tenda untuk kapasitas 8 orang.

Baca juga: Kembali Raih Prestasi, Sido Muncul Berhasil Menjadi Pemenang Terbaik 1 SDGs Action Award 2022

Irwan melanjutkan, sebelumnya, Sido Muncul juga telah menyerahkan bantuan berupa suplemen kesehatan Sido Muncul dan sembako dengan total nilai mencapai Rp 657 juta. Bantuan diberikan melalui berbagai pihak secara bertahap.

“Bantuan-bantuan yang kami berikan tersebut berupa produk Sido Muncul. (Kami menggandeng beberapa pihak) agar lebih mudah dalam pendistribusiannya,” tuturnya

Dalam kesempatan sama, Sido Muncul juga menyerahkan bantuan pengadaan mikroskop senilai Rp 240 juta melalui BenihBaik.com. Bantuan ini akan diteruskan kepada Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Jawa Barat (Jabar) guna menunjang bakti sosial operasi katarak.

Baca juga: Ringankan Beban Korban Gempa Cianjur, Sido Muncul Serahkan Bantuan Senilai Rp 500 Juta

Andy mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh Sido Muncul. Ia terkesan atas kepedulian Sido Muncul kepada berbagai pihak yang membutuhkan, mulai dari operasi bibir sumbing dan katarak, bantuan logistik, hingga sumbangan.

Khusus untuk bantuan logistik berupa tenda yang diberikan Sido Muncul, Andy mengomentari bahwa hal ini dilakukan atas dasar rekomendasi pihaknya. Sebab, banyak korban gempa yang masih bertahan di sekitar rumah mereka, baik karena situasi jalan yang rusak atau rawan maupun keinginan menjaga harta benda di sekitar lokasi.

“Saat ini, banyak korban gempa yang membutuhkan tenda untuk berteduh atau tinggal. Bantuan (yang kami rekomendasi) ini akhirnya didukung oleh Sido Muncul,” kata Andy.

Pencapaian terbaru Sido Muncul

Pada kesempatan tersebut, Irwan juga mengumumkan pencapaian terbaru Sido Muncul di bidang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), yakni mendapatkan Indonesia’s SDGs Action Award 2022 dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Pada gelaran tersebut, Sido Muncul bersaing dengan 252 perusahaan dan berhasil lolos menjadi lima besar. Selain Sido Muncul, perusahaan lain yang lolos adalah PT Bank Central Asia, PT Telkom Indonesia, Danone Group, serta PT Chandra Asri Petrochemical.

 

Piala SDGs Action Award 2022 dari Kementerian PPN/Bappenas Suharso Monoarfa. (DOK. Sido Muncul).DOK. Sido Muncul. Piala SDGs Action Award 2022 dari Kementerian PPN/Bappenas Suharso Monoarfa. (DOK. Sido Muncul).

Setelah melalui proses panjang, Sido Muncul dianugerahkan menjadi pemenang pertama pada kategori Pelaku Usaha Besar disusul oleh Bank BCA dan Telkom.

Irwan mengatakan bahwa penghargaan tersebut mengingatkannya pada misi utama Sido Muncul, yakni memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

“SDGs Action Award 2022 melengkapi Sido Muncul dalam mengembangkan usaha yang berkelanjutan,” ujar Irwan.

Baca juga: Dukung Program Anti-Kekerasan, Anak Sehat Sido Muncul Berikan Bantuan Senilai Rp 100 Juta untuk Siswa di Cilincing

Dalam pengoperasian pabrik, lanjut Irwan, Sido Muncul menerapkan konsep clean energy atau energi bersih. Konsep ini merupakan upaya pemanfaatan sumber energi terbarukan dan teknologi yang efisien. Dengan demikian, pemakaian energi bisa lebih hemat dan ramah lingkungan.

“Sebagian besar bahan bakar di pabrik Sido Muncul menggunakan limbah jamu. Sisanya hanya 11 persen yang menggunakan solar,” katanya.

Setelah mendapatkan penghargaan tersebut, Sido Muncul berkomitmen untuk terus aktif memberikan dampak nyata bagi masyarakat dalam program community development.

Sebagai informasi, Indonesian SDGs Action Award 2022 merupakan ajang penghargaan bagi pihak-pihak yang berkontribusi memberi dampak nyata kepada masyarakat.

Saat ini, hampir seluruh negara di dunia telah mengimplementasikan 17 poin SDGs dalam proyek pembangunan. Di Indonesia, pemerintah pun terus mendorong berbagai pihak untuk turut mengimplementasikannya. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan dan memberdayakan masyarakat.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.


komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com