Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keputusan OJK Cabut Izin Usaha Wanaartha Life Dinilai Sudah Tepat

Kompas.com - 06/12/2022, 15:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat asuransi Irvan Rahardjo mengatakan keputusan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan pencabutan izin usaha kepada perusahaan asuransi Wanaartha Life sudah sangat tepat.

Pasalnya, pemegang saham pengendali (PSP) dalam hal ini sekaligus pemilik Wanaartha Life belum menunjukkan itikad baik untuk menyelesaikan kasus gagal bayar yang dialami perusahaan.

Namun demikian, dengan adanya pencabutan izin Wanaartha Life, Irvan berpendapat ada dampak yang harus ditanggung perusahaan asuransi.

"Dampaknya tentu masyarakat akan menurun kepercayaannya pada asuransi," kata dia kepada Kompas.com, Senin (5/12/2022).

Baca juga: Langkah Tegas OJK Cabut Izin Usaha Wanaartha Life

Dalam hal ini, perusahaan asuransi yang dimaksud Irvan terutama pada asuransi bermasalah misalnya Jiwasraya, Bumiputera, dan Kresna Life.

Sedangkan, dampak lain dari pencabutan izin usaha Wanaartha Life ini juga dapat merembet ke perusahaan asuransi lainnya.

"Dampak untuk perusahaan asuransi lain akan sulit berkembang karena sulit mencari pangsa pasar, terutama untuk perusahaan asuransi lokal," ucap dia.

Seperti telah diberitakan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mencabut izin usaha Wanaartha Life pada Senin (5/12/2022).

Baca juga: OJK Akhirnya Cabut Izin Usaha Wanaartha Life


Kepala Eksekutif Pengawas IKNB OJK Ogi Prastomiyono mengatakan, Wanaartha Life tidak dapat memenuhi rasio solvabilitas (risk based capital) yang ditetapkan oleh OJK sesuai ketentuan yang berlaku.

"Hal ini disebabkan PT WAL tidak mampu menutup selisih kewajiban dengan aset, baik melalui setoran modal oleh pemegang saham pengendali atau mengundang investor," kata dia dalam konferensi pers Senin, (12/5/2022).

Ia menjelaskan, tingginya selisih antara kewajiban dengan aset merupakan akumulasi kerugian akibat penjualan produk sejenis saving plan.

Kondisi ini direkayasa oleh Wanaartha Life sehingga laporan keuangan yang disampaikan kepada OJK maupun laporan keuangan publikasi tidak sesuai kondisi sebenarnya.

Baca juga: Izin Usaha Wanaartha Life Dicabut, Nasib Pemegang Polis Tunggu Tim Likuidasi Dibentuk

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+