Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Panoramic Berhenti Operasi Hari Ini, Kapan Beroperasi Lagi?

Kompas.com - 09/01/2023, 07:07 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kereta Api (KA) Panoramic hari ini (9/1/2023), resmi dihentikan operasionalnya.

Sejak peluncurannya pada 24 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023, sebanyak 2.238 penumpang bepergian menggunakan KA Panoramic yang dirangkaikan dengan KA Taksaka Tambahan.

Selama tidak beroperasional, KA Panoramic yang dikelola KAI Wisata ini untuk sementara waktu dilakukan evaluasi serta membenahi fasilitas di dalamnya. Namun pihak KAI Wisata masih enggan menyebutkan kapan KA Panoramic kembali beroperasi.

Baca juga: Hingga Hari Terakhir Beroperasi, 2.238 Penumpang Nikmati Kereta Panoramic

"Dalam proses evaluasi dan peningkatan pelayanan serta perbaikan untuk sementara Kereta Panoramic tidak beroperasi sampai dengan kabar perjalanan dan pengoperasian Kereta Panoramic selanjutnya," ujar Humas KAI Wisata M Ilud Siregar kepada Kompas.com Minggu (8/1/2023).

Demikian juga dengan harga tiket kereta, KAI Wisata enggan membeberkannya. Menurut dia, pihaknya akan memberikan informasi terbaru tentang rencana pengoperasian kembali perjalanan KA Panoramic.

"Untuk mengetahui kabar terbaru Kereta Panoramic bisa dipantau melalui media sosial KAI Wisata di Instagram, Tiktok, dan Youtube serta media informasi lainnya," ucap Ilud.

Interior atap kaca kereta Panoramic yang baru diluncurkan PT KAI dalam soft launching 24 Desember 2022-8 Januari 2023. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Interior atap kaca kereta Panoramic yang baru diluncurkan PT KAI dalam soft launching 24 Desember 2022-8 Januari 2023.
Lebih lanjut kata Ilud, beroperasionalnya KA Panoramic ini dilakukan dalam mendukung layanan angkutan masa Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

KA Panoramic merupakan kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama di sepanjang perjalanan. Kaca yang berukuran panjang di dalam kereta tersebut didesain khusus anti pecah dan anti cahaya panas.

"KAI Group akan terus melakukan evaluasi pada berbagai layanan Kereta Panoramic agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik bagi seluruh pelanggan," ucap Ilud.

Baca juga: Intip Fasilitas, Jadwal, dan Harga Tiket Kereta Panoramic dari KAI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com