Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

Rekrutmen CPNS dan PPPK 2023 Akan Dibuka untuk Umum

Kompas.com - 31/01/2023, 13:21 WIB
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Pemerintah terus mempersiapkan rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2023. Rekrutmen CASN 2023 akan dibuka untuk seleksi pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet (Setkab), rekrutmen CASN tahun ini akan dibuka untuk umum, tak hanya jalur kedinasan.

“Seleksi (CASN) tahun ini juga akan dibuka untuk umum, tidak hanya dari jalur sekolah kedinasan,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas dalam keterangan resmi yang dikutip Kompas.com, Selasa (31/1/2023).

Baca juga: Seleksi CPNS Kembali Dibuka di 2023, Ini Formasi yang Menjadi Prioritas

Formasi prioritas CASN 2023

Saat ini, pemerintah masih fokus dengan pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan (nakes) dan pendidikan. Selain kedua formasi tersebut, formasi talenta digital juga akan diberikan prioritas.

“Pemerintah juga memberi prioritas kepada talenta digital sebagai bentuk transformasi digitalisasi yang kini sedang dijalankan dalam kerangka arsitektur sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE). Formasi juga akan dibuka hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya,” tutur Anas.

Terkait dengan tahapan seleksi CASN 2023, lanjut Anas, saat ini intansi pemerintah dalam proses persiapan pengusulan formasi.

“Sekarang semuanya sedang berproses pada tahap persiapan pengusulan formasi dari sejumlah instansi pemerintah,” jelas dia.

Baca juga: Ketahui, Ini 6 Perubahan Kartu Prakerja Tahun 2023

Penetapan kebutuhan formasi

Adapun rekrutmen CASN tahun ini mempertimbangkan sejumlah variabel tertentu seperti indikator jumlah PNS yang pensiun dan pemenuhan sumber daya manusia (SDM) untuk mendukung program strategis nasional, termasuk letak geografis dan kemampuan anggaran.

Sehubungan dengan akan diadakannya rekrutmen CASN 2023, instansi pemerintah diminta untuk mulai mendata dan mengusulkan kebutuhan ASN yang menjadi prioritas.

Setelah dilakukan proses pengusulan kebutuhan formasi dari masing-masing instansi, akan disusun penetapan kebutuhannya dengan memperhatikan pendapat Menteri Keuangan (Menkeu) dan pertimbangan teknis Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Sebagai informasi, terdapat empat arah kebijakan pengadaan ASN tahun 2023, yaitu fokus pelayanan dasar, kebijakan memberi kesempatan rekrutmen talenta digital, merekrut CASN secara selektif, serta mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital.

Pemerintah pun masih menganalisis jabatan mana saja yang bisa terdampak oleh perkembangan digital.

Baca juga: Simak, Ini Kelompok yang Bisa Ikut Kartu Prakerja 2023

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+