Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Kode Bank Mandiri ke BCA untuk Transfer di ATM

Kompas.com - 18/02/2023, 10:07 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Berapa kode Bank Mandiri ke BCA alias kode transfer Bank Mandiri ke BCA? Pertanyaan seputar kode transfer antar-kedua bank besar di Indonesia cukup sering ditanyakan.

Kode transfer Mandiri yang berlaku saat ini adalah 008. Sementara kode transfer BCA 014.

Jika Anda ingin mengirimkan atau mentransfer uang dari rekening Bank Mandiri ke Bank BCA, maka Anda perlu memasukan kode Bank Mandiri ke BCA yakni 014 sebelum menginput nomor rekening tujuan.

Sebaliknya, ketika Anda ingin mengirimkan uang dari rekening BCA ke rekening Bank Mandiri, maka bagi nasabah Bank BRI, perlu memasukan kode transfer 008 sebelum menginput nomor rekening tujuan.

Baca juga: Kode SWIFT Bank BCA untuk Transfer Uang Lintas Negara

Kapan kode Bank Mandiri ke BCA dipakai?

Sebagai informasi saja, kode Bank BCA alias kode transfer Bank BCA cukup penting diketahui bagi mereka yang kerap kali melakukan transfer antar-bank.

Saat ini, kebutuhan transaksi melalui transfer terus meningkat seiring dengan pesatnya penggunaan layanan perbankan.

Bagi yang ingin melakukan transfer ke rekening Bank BCA dari bank lain seperti Bank Mandiri, tentu wajib mengetahui kode Bank Mandiri ke BCA tersebut.

Kode Bank BCA sendiri saat ini adalah 014. Kode transfer Bank BCA ini harus diinput sebelum menuliskan nomor rekening yang dituju.

Baca juga: Kode Bank BCA ke BRI untuk Transfer Antarbank

Apabila tidak menginput kode Bank BCA yang benar, maka transaksi transfer dipastikan akan gagal. Ini karena BI mewajibkan setiap transaksi berbeda bank harus memasukan kode bank terlebih dulu sebelum nomor rekening yang dituju.

Kode Bank BCA alias kode transfer Bank BCA adalah berupa 3 nomor unik, di mana setiap bank tentunya memiliki kode bank masing-masing dan berbeda-beda.

Sebagai informasi saja, transaksi antar-bank terus meningkat karena beragam faktor seperti pembayaran jual beli online maupun kebutuhan lainnya.

Mengingat Bank BCA juga merupakan bank swasta terbesar di Indonesia, baik dari sisi aset maupun jumlah nasabahnya, maka cukup penting bagi nasabah BRI mengetahui kode Bank Mandiri ke BCA.

Kode Bank Mandiri ke BCA yang berlaku saat ini adalah 014.Muhammad Idris/Money.kompas.com Kode Bank Mandiri ke BCA yang berlaku saat ini adalah 014.

Baca juga: Kode Bank BRI ke BCA untuk Transfer Beda Bank

Kode Bank Mandiri ke BCA Syariah

Yang perlu diketahui, kode Bank Mandiri ke BCA 014 ini berbeda dengan rekening Bank BCA Syariah. Untuk tujuan transfer ke unit syariah ini, kode Bank BCA Syariah adalah 536.

Bank BCA Syariah merupakan hasil konversi dari akuisisi PT Bank Central Asia Tbk pada tahun 2009 terhadap PT Bank Utama Internasional Bank (Bank UIB).

Setelah sahamnya dibeli 100 persen oleh Bank BCA, nama Bank IUB kemudian diganti menjadi Bank BCA Syariah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com