Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba LRT Jabodebek, Perjalanan dari Stasiun Harjamukti ke Stasiun Dukuh Atas Hanya 33 Menit

Kompas.com - 02/03/2023, 12:10 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo bersama Direktur Utama KAI, Direktur Niaga KAI, Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha KAI, Kepala Divisi LRT Jabodebek, jajaran Adhi Karya, INKA, LEN, serta Kementerian Perhubungan mengikuti uji coba LRT Jabodebek dengan metode Carousel.

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo atau biasa disapa Tiko mengatakan, uji coba LRT Jabodebek dilakukan dari Stasiun Harjamukti, Cibubur melintasi 12 stasiun menuju ke Stasiun Dukuh Atas.

"Dari Stasiun Harjamukti menuju Stasiun Dukuh Atas memiliki jarak 24,3 km dengan waktu tempuh 33 menit," kata Tiko dalam keterangan tertulis dikutip Kamis (2/3/2023).

Baca juga: LRT Jabodebek Akan Beroperasi Pertengahan Tahun Ini

Tiko mengatakan, uji coba ini dilakukan dalam rangka mematangkan persiapan pengoperasian LRT Jabodebek yang rencananya akan beroperasi pada bulan Juli 2023.

“Hari ini saya mengikuti uji coba LRT Jabodebek dari Stasiun Harjamukti di Cibubur menuju Stasiun Dukuh Atas di Sudirman fully aotomatic GoA 3 tidak ada masinis dan semua berjalan lancar. Kita targetkan bulan Juli dapat beroperasi penuh," ujarnya.

Tiko mengatakan, dalam uji coba ini digunakan 5 trainset (rangkaian) untuk mengetahui alur operasional LRT Jabodebek saat melayani masyarakat.

Baca juga: Serba-serbi LRT Jabodebek yang Akan Beroperasi pada Juli 2023

"Pada uji coba menggunakan metode Carousel, LRT Jabodebek berhenti di setiap stasiun dengan waktu berhenti sesuai dengan yang sudah ditentukan," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama Dirut KAI Didiek Hartantyo mengatakan, uji coba menggunakan metode Carousel ini dilakukan untuk memonitoring akurasi pemberhentian kereta serta headway antar kereta.

Ia mengatakan, hingga akhir bulan Februari, progres pembangunan LRT Jabodebek sudah mencapai 90.04 persen.

“Hingga saat ini progres LRT Jabodebek sudah mencapai 90,04 persen. Kami semua optimis bahwa LRT Jabodebek beroperasi pada Juli 2023 sehingga segera dapat melayani masyarakat dan menjadi salah satu alternatif transportasi terbaik untuk mengurai kemacetan di wilayah Jabodebek,” kata Didiek.

Baca juga: Rencana LRT Berikutnya, Bakal Lewati Palmerah, Grogol, hingga Bogor

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com