Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Lebaran 2023, BI Tambah Jumlah Tempat Penukaran Uang Baru

Kompas.com - 17/03/2023, 06:08 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan uang tunai di kalangan masyarakat pada periode Ramadhan dan Lebaran 2023.

Deputi Gubernur BI Aida S. Budiman mengatakan, untuk periode Ramadhan dan Lebaran tahun ini bank sentral akan menambah jumlah uang beredar serta titik penukaran uang baru.

"Kita punya tujuan memastikan uang rupiah layak edar di seluruh wilayah NKRI dengan jumlah yang cukup dan pecahan yang sesuai," kata dia, dalam konferensi pers Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI, di Jakarta, Kamis (16/3/2023).

Baca juga: Gambar dan Ciri-ciri Uang Baru Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000

Untuk uang tunai, Aida bilang, BI akan menyiapkan uang tunai sebesar Rp 195 triliun pada Ramadhan dan Lebaran tahun ini, meningkat 8,22 persen dari periode yang sama tahun lalu.

"Perkiraan tersebut dengan memperhatikan pertumbuhan ekonomi semakin membaik kemudian juga sudah adanya tidak ada status PPKM dan tradisi mudik pada Idul Fitri," ujarnya.

Sementara itu untuk titik penukaran uang, BI akan memperluas kerja sama dengan bank dan menyiapkan 5.066 titik penukaran di seluruh Indonesia, tumbuh 8 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Adapun khusus untuk wilayah aglomerasi Jabodebek, BI menyiapkan 599 titik penukaran dengan uang sebesar Rp 48,2 triliun.

"Selain itu ada juga kerja sama perbankan bisa menyediakan layanan untuk para wholesale yang memerlukan ritel khas. nanti BI akan memastikan ketersediaan uangnya dengan perbankan," tutur Aida.

"Akan ada layanannya dari 20 maret sampai 20 April 2023," tambah dia.

Sama seperti tahun lalu, BI membatasi jumlah penukaran uang per individu sebesar Rp 3,8 juta, dengan pecahan uang yang bisa ditukarkan yaitu dari Rp 1.000 hingga Rp 20.000.

"Kami menyediakan uangnya tahun emisi 2016 dan 2022 jadi boleh dipilih nanti saat mau menukarkan uangnya," kata Aida.

Khusus untuk daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal atau 3T, BI akan memperkuat layanan kasnya, dengan menyiapkan layanan kas di pusat keramaian.

"Juga di pusat keramaian keagamaan juga di titik-titik mudik seperti di rest area jalur penyeberangan di kas keliling susus sungai dan juga saat libur," ucap Aida.

Baca juga: Gambar dan Ciri-ciri Uang Baru Rp 100.000, Rp 50.000, dan Rp 20.000

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com