Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah 10 Fasilitas Pertamina Meledak dan Terbakar dalam 4 Tahun

Kompas.com - Diperbarui 02/04/2023, 11:10 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Fasilitas milik PT Pertamina (Persero) kembali dilaporkan meledak. Sebanyak 9 orang pekerja terluka akibat insiden yang terjadi di kilang minyak Dumai, Riau itu.

Diketahui, insiden meledaknya fasilitas pengolahan minyak mentah itu terjadi pada tengah malam, tepatnya pukul 22.30 WIB.

Menurut warga di sekitar lokasi kejadian, ledakan itu sangat kuat hingga menimbulkan getaran. Beberapa video yang beredar di media sosial, sejumlah rumah warga rusak. Selain itu, ada juga plafon masjid roboh.

Sejauh ini belum diketahui pasti apa penyebab dari ledakan dan kebakaran di kilang minyak yang dikelola PT Kilang Pertamina Internasional, anak usaha Pertamina tersebut.

Sederet insiden Pertamina

Sebelum insiden terbakarnya kilang minyak Dumai, perusahaan migas pelat merah ini juga mengalami serangkaian ledakan maupun kebakaran di fasilitas miliknya.

Terbaru adalah ledakan dan kebakaran yang terjadi di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara serta kapal pengangkut BBM di perairan Mataram, NTB.

Berikut sejumlah insiden di kilang minyak maupun fasilitas milik Pertamina lainnya yang dirangkum pada Minggu (2/4/2023).

1. Kebakaran di kilang minyak Balongan (29 Maret 2021)

Kebakaran kilang pertama di tahun 2021 terjadi di kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat. Kebakaran terjadi pada Senin dini hari, 29 Maret 2021.

Insiden kilang di Indramayu ini sempat membuat geger warga sekitar karena besarnya skala kebakaran.

Api bahkan baru bisa dipadamkan padam dua hari berselang. Insiden kebakaran terjadi di tangki T301 di area kilang Balongan yang melayani Balongan, Cikampek, dan Plumpang.

Dari 72 tanki di area kilang dengan total kapasitas 1,35 juta kiloliter (KL), 4 tanki di antaranya terdampak atas insiden dengan kapasitas 100 ribu KL atau sekitar 7 persen dari total kapasitas penyimpanan di kilang Balongan.

Sebanyak 20 orang menjadi korban kebakaran kilang minyak Pertamina RU VI di Balongan, Indramayu. Dari jumlah itu, sebanyak 5 orang mengalami luka bakar berat.

Sementara 15 korban lainnya mengalami luka ringan. Belakangan, ada korban luka berat yang meninggal setelah dirawat intensif di rumah sakit.

2. Kebakaran kilang Cilacap (13 November 2021)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com