Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Beras Bansos di DKI Jakarta Disalurkan pada 5 April 2023

Kompas.com - 03/04/2023, 12:00 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengungkapkan pemerintah akan menyalurkan beras bansos sebanyak 10 kilogram secara serentak di DKI Jakarta pada Rabu (5/4/2023).

Arief mengatakan penyaluran beras bansos sudah mulai dilakukan sejak 31 Maret 2023 secara bertahap di Papua hingga Jogja.

"Per 31 Maret kemarin sudah mulai di Papua di Jogja bertahap ini sudah mulai. Jakarta segera," ujar Arief saat ditemui di Pasar Rawamangun, Senin (3/4/2023). 

Baca juga: Beras Bansos 10 Kilogram Bakal Disalurkan, Ini Syarat Penerimanya

"Hari Rabu untuk semua nanti di Jakarta serentak," sambung Arief kemudian.

Sementara soal bantuan berupa ayam dan telur, Arief mengatakan hal itu akan disalurkan pada minggu kedua April 2023.

"Kita berharap minggu kedua April bisa berjalan tapi kita memang sedang meregulasi itu perintahnya Pak Presiden jadi Bansos untuk bantalan saudara-saudara kita yang memang membutuhkan mudah-mudahan tidak setelah Lebaran ya mulainya jadi dari sekarang," ujarnya.

Adapun sebelumnya, Pemerintah menggelontorkan bansos beras secara bertahap mulai akhir Maret 2023.

Baca juga: Kontroversi Bapanas: Polemik Impor Beras dan Harga Gabah


Bapanas mengatakan proses regulasi terkait penyaluran bantuan ini sudah selesai sehingga sudah dapat disalurkan ke penerima manfaat.

"Pendistribusian bantuan ini sudah bisa dieksekusi oleh Bulog mulai 31 Maret 2023 dan dilaksanakan secara bertahap untuk disalurkan ke 21.353 juta KPM sesuai data dari Kementerian Sosial," ujar Arief dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (31/3/2023).

Arief mengatakan bantuan pangan berupa beras ini merupakan tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo dalam Rapat di Istana bersama Menteri dan Kepala Lembaga terkait dalam rangka menjaga stabilitas pangan dan menekan lonjakan inflasi.

Baca juga: Pemerintah Bakal Impor Beras 2 Juta Ton, Mendag: Dukung dan Laksanakan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com