Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Tinjau Bazar Ramadhan di Cakung, Mendag Pastikan Harga Bahan Pokok Tetap Stabil

Kompas.com - 05/04/2023, 17:08 WIB
Aningtias Jatmika,
A P Sari

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan bahwa harga bahan-bahan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah masih stabil.

"Harga sejumlah bahan pokok, seperti telur, minyak, dan beras. Stok pangan juga aman," ujar Zulkifli.

Hal itu dia sampaikan saat meninjau pelaksanaan pasar murah pada gelaran Gebyar Bazar Ramadhan UMKM, di Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Rabu (5/4/2023).

Sebagai informasi, Gebyar Bazar Ramadhan merupakan agenda rutin Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang digelar selama Ramadhan. Rencananya, Gebyar Bazar Ramadhan akan digelar bergilir di lokasi lain hingga 18 April 2023.

Adapun pada gelaran Gebyar Bazar Ramadhan di Cakung, Kemendag bekerja sama dengan Suku Dinas (Sudin) Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Kota Administrasi Jakarta Timur.

Bazar yang digelar sejak Selasa (4/4/2023) hingga Rabu itu menghadirkan 32 stand yang menjual berbagai kebutuhan pokok, kuliner, produk fesyen, dan aksesori.

Baca juga: Bertemu Mendag India, Zulkifli Hasan Bahas Kerja Sama di 5 Sektor

Zulkifli mengatakan, bazar tersebut menjadi salah satu strategi Kemendag untuk menghadirkan kebutuhan pokok kepada masyarakat dengan harga terjangkau.

"Kami ingin memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan produk murah sehingga mereka bisa mempersiapkan kebutuhan Ramadhan dan Lebaran dengan lancar," ucap Zulkifli.

Melalui bazar tersebut, masyarakat bisa membeli Minyakita dengan harga Rp 13.500 per liter dan 5 kg beras seharga Rp 47.000. Sementara itu, telur dijual dengan harga Rp 28.000 per kg dan bawang putih kating seharga Rp 25.000 per kg.

Kemudian, masyarakat juga bisa membeli paket sembako berisi 1 liter minyak goreng, 1 kg gula, dan 5 kg beras dengan harga Rp 65.000.

Pada kesempatan tersebut, Zulkifli juga membagikan sejumlah bahan pokok, seperti beras, gula, dan minyak, kepada masyarakat di Kelurahan Penggilingan.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan membagikan minyak gratis kepada masyarakat di Kelurahan Penggilingan, Jakarta Timur, Rabu (5/4/2023)KOMPAS.com/Aningtias Jatmika Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan membagikan minyak gratis kepada masyarakat di Kelurahan Penggilingan, Jakarta Timur, Rabu (5/4/2023)

Salah satu warga, Mimi, menyambut baik gelaran bazar tersebut. Selain membeli beras dengan harga murah, dia juga mendapatkan minyak gratis yang dibagikan Mendag.

"Mudah-mudahan acara seperti itu bisa sering digelar jadi bisa bantu emak-emak beli kebutuhan dapur," ujar Mimi.

Baca juga: Bertemu Menteri-menteri Ekonomi ASEAN, Zulkifli Hasan Kenalkan Diplomasi Harmoni Candi Borobudur

Sebagai informasi, sebelum meninjau Gebyar Bazar Ramadhan Cakung, Zulkifli telah lebih dulu mengunjungi Gebyar Bazar Ramadhan yang digelar di Gedung Olahraga Cengkareng Barat, Jakarta Barat.

Pada kesempatan itu, dia mengingatkan pedagang dan pengusaha agar tidak menimbun barang atau menaikkan harga sesuka hati selama momen Ramadhan dan Lebaran.

Pihaknya pun menggandeng Satuan Tugas (Satgas) Pangan serta Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) untuk menindak oknum yang kedapatan menimbun barang dan memainkan harga.

“Kami tiap hari (meninjau) pasar. Seluruh pasar kami cek. Jika kedapatan menimbun, barang tersebut akan disita petugas. Jadi, ambil untung dengan harga wajar. Jangan direkayasa,” tegas Zulkifli seperti diberitakan Kompas.com, Rabu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com