Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

Shopee Berhasil Beri Dampak Positif bagi Pengguna dalam Hadapi Tantangan Ekonomi pada 2022

Kompas.com - 12/04/2023, 18:45 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Salah satu platform e-commerce terbesar di kawasan Asia Tenggara, Shopee, berhasil memberikan dampak positif kepada pengguna, baik pembeli maupun pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Berdasarkan laporan Shopee Serves: Membangun Ketangguhan Melalui Teknologi yang dirilis Selasa (11/4/2023), Shopee berhasil membantu pembeli di Asia Tenggara menghemat lebih dari Rp 25 triliun lewat program promosi dan penawaran dari berbagai brand di platformnya.

Shopee juga ikut mendorong pembeli dan pelaku usaha terhubung dengan platform e-commerce. Total, sebanyak 85 persen pengguna baru Shopee berasal dari daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Kemudian, pengusaha lokal dari 200 wilayah juga terdigitalisasi di platform Shopee.

Dari sisi dukungan terhadap komunitas lokal, sebanyak 600.000 orang ikut berpartisipasi dalam program corporate social responsibility (CSR) perusahaan dan mitra sepanjang 2022.
Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, sepanjang 2022, Shopee terus memberikan dukungan kepada masyarakat dalam menghadapi kondisi ekonomi yang menantang.

Salah satu caranya adalah dengan membantu pengguna bisa berhemat dalam memenuhi kebutuhan harian. Selain itu, Shopee juga berusaha membukakan peluang baru bagi penjual.

“Sebagai contoh, kami membantu membuka akses pasar yang luas bagi penjual melalui program Ekspor Shopee. Kami berterima kasih atas kepercayaan masyarakat Indonesia. Kami akan terus fokus untuk membantu mereka menjadi lebih tangguh di masa depan,” ujar Handhika.

Berikut adalah tiga dampak positif Shopee dalam membantu pengguna menghadapi tantangan ekonomi sepanjang 2022.

1. Membangun ketangguhan

Terlepas dari tantangan sosial dan ekonomi, Shopee berhasil membantu pembeli dan pelaku bisnis untuk mendapatkan lebih banyak nilai dan peluang baru secara online.

Dari sisi pembeli, Shopee memberikan nilai tambah kepada konsumennya, yakni dengan mengadakan berbagai program kampanye menguntungkan, seperti promosi dan penawaran spesial dari berbagai brand.

Berkat upaya itu, seperti yang telah disebutkan, platform tersebut berhasil membantu menghemat pengeluaran pembeli di Asia Tenggara hingga lebih dari Rp 25 triliun pada 2022.

Adapun contoh program kampanye tersebut di antaranya adalah Big Ramadhan Sale di Indonesia. Pada kampanye ini, Shopee menghadirkan laman khusus untuk penjual lokal, seperti Shopee Pilih Lokal dan Shopee Barokah serta penawaran eksklusif dari berbagai brand yang membantu pembeli bisa mendapatkan produk dengan harga terjangkau.

Selain memberikan nilai tambah, Shopee juga menciptakan berbagai peluang baru bagi pelaku usaha. Berkat upaya ini, jutaan penjual di Asia Tenggara bisa mengembangkan bisnisnya secara digital.

Baca juga: Cerita Febry, Menang Flash Sale Shopee Mobil Toyota Agya Seharga Rp 11.001

Untuk konsumen Indonesia, Shopee juga membuka kesempatan bagi penjual di seluruh pelosok negeri untuk mengekspor produk mereka ke pasar dunia, seperti Asia Timur, Asia Tenggara, dan Amerika Selatan.

Sebagai contoh, Dinova Store. Penjual kerajinan asal Tulungagung, Jawa Timur, ini bisa mengembangkan toko online-nya di Shopee dan berhasil menjangkau pembeli baru dari empat negara di Asia. Selain mengembangkan bisnis, Dinova Store juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi 16 orang dari lingkungan sekitar.

2. Meningkatkan inklusivitas

Untuk diketahui, ekonomi digital Asia Tenggara mampu berkembang pesat selama pandemi Covid-19. Hal ini disebabkan oleh peningkatan jumlah penggunaan teknologi digital.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com