Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Tarif Tol Surabaya Malang Tarbaru 2023

Kompas.com - 16/04/2023, 15:56 WIB
Muhammad Idris

Penulis


KOMPAS.com - Tol Surabaya Malang adalah salah satu ruas Tol Trans Jawa yang ada di Jawa Timur. Tarif Tol Surabaya Malang tentunya menyesuaikan dengan golongan kendaraan maupun gerbang keluar masuknya.

Jalan bebas hambatan penghubung Surabaya Malang sendiri terdiri dari beberapa ruas tol, pertama ruas Pandaan-Malang, Jalan Tol Gempol-Pandaan, Jalan Tol Waru-Juanda, dan Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar.

Sebelum adanya tol, waktu tempuh dari Malang ke Surabaya atau sebaliknya berkisar antara 3-4 jam. Bahkan bisa mencapai 5 jam atau lebih saat jalan arteri mengalami kemacetan, terutama saat musim libur.

Dengan adanya tol, waktu tempuh perjalanan bisa dipangkas menjadi sekitar 2 jam. Kedua arus kendaraan menuju kedua kota ini juga terbilang sangat tinggi.

Baca juga: Update Tarif Tol Semarang Solo 2023 untuk Semua Gerbang Tol

Surabay adalah kota terbesar kedua di Indonesia yang jadi pusat ekonomi, sementara Malang terkenal sebagai kota tujuan wisata.

Nah bagi Anda yang ingin bepergian antar kedua kota itu, ada baiknya mengetahui tarif Tol Malang Surabaya atau sebaliknya, biaya Tol Surabaya Malang.

Tarif Tol Surabaya Malang terbaru

Berikut daftar lengkap tarif Tol Surabaya Malang lengkap untuk semua gerbang tolnya, dengan asumsi kendaraan masuk dari Surabaya menuju ke Malang.

1. Tarif Tol Surabaya-Gempol

  • Dupak-Waru (Sistem Terbuka): Rp 5.000
  • Waru-Porong: Rp 9.000
  • Sidoarjo-Porong: Rp 5.500
  • Seksi Porong-Kejapanan: Rp 6.000
  • Seksi Kejapanan-Gempol: Rp 3.000

2. Tarif Tol Gempol-Pandaan

  • Gempol IC-Gempol JC: Rp 3.000
  • Gempol IC-Pandaan IC: Rp 11.500
  • Gempol IC-Pandaan: Rp 13.000
  • Gempol JC-Pandaan IC: Rp 3.000
  • Gempol JC-Pandaan: Rp 10.000
  • Gempol IC-Pandaan: Rp 15.000

3. Tarif Tol Pandaan-Malang

  • Pandaan-Purwodadi: Rp 14.000
  • Pandaan-Lawang: Rp 21.000
  • Pandaaan-Singosari: Rp 27.500
  • Pandaan-Pakis: Rp 32.000
  • Pandaan-Malang: Rp 34.500

Tarif Tol Malang Surabaya berlaku untuk kendaraan golongan I yang meliputi mobil, sedan, bus, truk kecil, dan pickup.

Tarif Tol Surabaya Malang terbaru adalah Rp 58.500 dengan asumsi biaya Tol Surabaya Malang masuk dari Waru hingga GT Malang. Penetapan tarif Tol Surabaya Malang atau tarif Tol Malang Surabaya disesuaikan dengan golongan kendaraan dan gerbang keluar masuk. ASTRA Infra Tarif Tol Surabaya Malang terbaru adalah Rp 58.500 dengan asumsi biaya Tol Surabaya Malang masuk dari Waru hingga GT Malang. Penetapan tarif Tol Surabaya Malang atau tarif Tol Malang Surabaya disesuaikan dengan golongan kendaraan dan gerbang keluar masuk.

Baca juga: Update Tarif Tol Cipali 2023 Lengkap di Semua Gerbang

Sebagai ilustrasi, apabila Anda masuk tol dari Surabaya melalui Gerbang Tol Waru dan keluar di Gerbang Tol Malang, maka total biaya Tol Surabaya Malang adalah sebesar Rp 58.500.

Tarif Tol Surabaya Malang terbaru tersebut meliputi Waru-Porong: Rp 9.000, Gempol IC-Pandaan: Rp 15.000, Pandaan-Malang: Rp 34.500.

Untuk tarif Tol Surabaya Malang di luar GT Waru, maka tinggal menyesuaikan dengan tarif per ruas di atas. Hal yang sama juga berlaku apabila Anda berangkat dari Malang menuju ke Surabaya.

Selain menyiapkan saldo uang elektronik, pengguna tol juga harus memastikan kondisi mobil dalam keadaan baik hingga isi tangki BBM yang mencukupi selama perjalanan.

Baca juga: Update Tarif Tol Jakarta Semarang untuk Mobil Pribadi 2023

Itulah informasi seputar tarif Tol Subaya Malang atau sebaliknya tarif Tol Malang Surabaya 2023. Semoga bisa cukup membantu dalam mengatur pengeluaran selama perjalanan.

Simak besaran tarif Tol Surabaya Malang terbarun atau tarif Tol Malang Surabaya yang disesuaikan dengan ruas yang dilewati. Waskita Toll Road Simak besaran tarif Tol Surabaya Malang terbarun atau tarif Tol Malang Surabaya yang disesuaikan dengan ruas yang dilewati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com