Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stripe Luncurkan Fitur untuk Bisnis, Bantu Tingkatkan Pendapatan Perusahaan 10,5 Persen

Kompas.com - 05/05/2023, 12:08 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Stripe, platform infrastruktur keuangan untuk bisnis meluncurkan beberapa fitur untuk membantu memonetisasi model bisnis baru, meningkatkan pendapatan, serta memangkas biaya.

Fitur-fitur tersebut ditampilkan dalam pameran produk Stripe Sessions pada 4 Mei 2023.

Head of Asia Pacific dan Japan Stripe Paul Harapin mengatakan, survei Stripe menemukan bahwa 51 persen pemimpin bisnis di Asia Pasifik fokus untuk menjangkau pelanggan baru dan berinvestasi dalam pengembangan fitur produk baru. Sementara itu, 49 persen lainnya fokus untuk memangkas biaya.

“Dalam setahun ketika biaya dan pendapatan berada di bawah tekanan yang kuat, bisnis di Asia Pasifik tidak puas hanya dengan meminimalkan biaya mereka, dan secara aktif mencari peluang untuk tumbuh dan memaksimalkan pendapatan,” kata Paul dalam keterangan tertulis, Jumat (5/5/2023).

Baca juga: 4 Ide Bisnis Modal Kecil untuk Mahasiswa tanpa Ganggu Kuliah

Paul mengatakan, solusi pembayaran terbaru Stripe yaitu Payment Element yang dapat membantu perusahaan meningkatkan pendapatan rata-rata sebesar 10,5 persen dibandingkan dengan bisnis serupa yang masih menerapkan solusi Stripe sebelumnya.

Ia mengatakan, Payment Element merupakan komponen UI (user interface) yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, mudah untuk diintegrasikan, dan menghadirkan metode pembayaran paling relevan.

Optimasi ini, kata dia, tersedia melalui Stripe Checkout, halaman pembayaran yang memampukan bisnis menerima pembayaran online dengan mudah dan aman.

"Perusahaan biasanya harus berjuang mati-matian untuk meningkatkan pendapatan mereka bahkan untuk beberapa persen saja, tanpa disadari, bisnis yang tidak menerapkan alat pembayaran terbaru cenderung tidak memperoleh pendapatan yang lebih besar atau sesuai dengan yang mereka harapkan," ujarnya.

Baca juga: Hadapi Digitalisasi Sistem Pajak Nasional, Ini 5 Langkah Persiapan bagi Bisnis

 


Paul mengatakan, lebih dari 100 optimasi pembayaran ditawarkan oleh Stripe melalui Stripe Checkout dan Payment Element termasuk antarmuka pembayaran yang lebih baik.

Ia juga mengatakan, lebih dari 40 metode pembayaran dan pembayaran satu-langkah membantu perusahaan meningkatkan pendapatan.

"Pada tahun lalu, lebih dari 100.000 bisnis meningkatkan solusinya ke produk checkout baru Stripe yang sangat dioptimalkan untuk meningkatkan konversi," tuturnya.

Lebih lanjut, Paul mengatakan, Stripe membantu perusahaan mengurangi biaya pembayaran dan memberi lebih banyak opsi pembayaran bagi pelanggan. Hal ini, kata dia, dapat dilihat dalam kemitraan global Stripe dengan Uber Technologies, Inc.

Paul mengatakan, dalam erjanjian tersebut, Uber memperluas kemitraan pembayaran strategisnya dengan Stripe di pasar utamanya, termasuk Australia, Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat.

"Stripe juga mengumumkan kemitraan baru dengan Microsoft untuk memampukan bisnis di Amerika Utara menerima pembayaran langsung di Microsoft Teams," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com