Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mampukah IHSG Hari Ini Kembali ke Level 6.800?

Kompas.com - 08/05/2023, 07:40 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengakhiri pekan lalu dengan turun 56,39 poin (0,82 persen) pada level 6.787,63. Lalu bagaimana indeks acuan Bursa Efek Indonesia (BEI) ini pada perdagangan Senin (8/5/2023)?

William Hartanto Founder WH Project memprediksi, hari ini IHSG berpeluang melemah. Dia bilang, secara teknikal terlihat pergerakan IHSG seperti mempertahankan demand zone.

"Pelemahan IHSG (dalam beberapa hari terakhir) selalu terjadi pada prapenutupan perdagangan sehingga tidak mengindikasikan daya beli pelaku pasar yang kuat. Hari ini kami memproyeksikan IHSG berpotensi bergerak mixed cenderung melemah dalam range 6.774 – 6.856," kata William dalam analisisnya.

Baca juga: Akhiri Pekan IHSG Tinggalkan Level 6.800, Rupiah Naik Tipis

Berbeda dengan William, Direktur Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus memperkirakan IHSG akan menguat hari ini, meskipun dibayangi oleh krisis perbankan yang terjadi di AS.

"Sistem keuangan AS berada dalam titik kritis di mana tentu berkaitan dengan kerapuhan dan keruntuhan beberapa bank terkenal. Hal ini seiring dengan suku bunga The Fed yang naik sangat kencang dan menciptakan kondisi berbahaya bagi bank," kata Maximilanus.

Dia mengatakan, dengan kenaikan suku bunga AS semakin lama durasi investasi akan semakin sensitif terhadap suku bunga. Ketika suku bunga naik, aset yang dimiliki bank akan turun nilainya dan return pun akan turun.

Di sisi lain, kebijakan bank seperti depositonya yang dapat ditarik nasabah kapan saja dapat menguras ekuitas bank dan berisiko meningkatkan kewajiban dari pada aset.

"Berdasarkan analisa teknikal, kami melihat IHSG berpotensi menguat terbatas pada rentang 6.659 – 6.889," kata Maximilanus.

Senada dengan Maximilianus, William Surya Wijaya CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas yang mengungkapkan, terdapat tekanan dalam pergerakan IHSG yang belum berakhir. Namun pola pergerakan IHSG pada hari ini akan diwarnai oleh rilis data perekonomian cadangan devisa yang disinyalir masih akan berada dalam kondisi stabil.

"Ini diharapkan akan memberikan sentimen positif bagi pergerakan IHSG, sedangkan para investor asing masih mencatatkan arus deras capital inflow yang melaju signifikan ke dalam pasar modal Indonesia membuat pasar bergerak lebih fluktuatif, hari ini IHSG berpotensi mengalami teknikal rebound," kata William.

Yugen Bertumbuh Sekuritas memperkirakan IHSG hari ini akan bergerak pada kisaran 6.688 sampai dengan 6.798.

Baca juga: Tutup Pekan Wall Street Ceria, Dow Catat Kenaikan Terbesar Sejak 6 Januari 2023

Bagaimana dengan saham-saham yang bisa dicermati hari ini? Simak rekomendasi teknikal dari tiga perusahaan sekuritas ini:

1. WH Project
MLIA rekomendasi buy, support 486, resistance 525.
BELI rekomendasi buy, support 456, resistance 468.
BFIN rekomendasi buy, support 1.260, resistance 1.400.

2. BhinaArtha Sekuritas
ANTM rekomendasi buy on weakness, support 1.960, resistance 2.150 - 2.550.
ASII rekomendasi accumulative buy, support 5.800, resistance 6.350 - 7.000
BBCA rekomendasi accumulative buy, support 8.600, resistance 9.200 - 9.600.

3. Pilarmas Sekuritas
BRIS last price 1.750, support 1.715, resistance 1.800
UNVR last price 4.490, support 4.410, resistance 4.560.
GOTO last price 106, support 100, resistance 114.

Baca juga: RI Bisa Tambah 10 Persen Saham di Freeport Setelah 2041

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com