Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

IWIP dan Pemkab Halteng Teken Kerja Sama untuk Tingkatkan Kehidupan Sosial Masyarakat Sekitar

Kompas.com - 16/05/2023, 12:18 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) menandatangani komitmen kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Tengah (Halteng), Jumat (12/5/2023).

Penandatanganan kerja sama yang disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Kemaritiman) Luhut Binsar Pandjaitan itu merupakan tindak lanjut dari komitmen IWIP dalam memberi dukungan kepada Pemkab Halteng untuk meningkatkan kehidupan sosial di wilayah tersebut.

Adapun dukungan tersebut berupa pembangunan politeknik industri, fasilitas pengolahan air bersih, serta peningkatan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Lelilef.

Sebelum penandatanganan komitmen, IWIP juga telah menyuplai listrik dari pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) miliknya kepada PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN) Halteng sebesar 5 Megawatt (MW).

Baca juga: Komitmen Jaga Kawasan Pesisir, IWIP Ajak Masyarakat Tanam 5.000 Bibit Mangrove

Selain itu, di bidang nonfisik, IWIP melalui Weda Bay Nickel juga memberi dukungan terhadap program pendidikan melalui pembelajaran matematika metode gasing bagi anak-anak dan guru sekolah dasar.

Vice President IWIP Kevin He mengatakan, pihaknya terus berkomitmen untuk mendukung pembangunan di Halteng, termasuk dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan pengembangan wilayah.

“Kami berharap komitmen bersama pemerintah daerah (pemda) dapat membantu IWIP dalam proses perizinan sesuai dengan kewenangan. (Kami juga) mengharapkan bantuan apabila terjadi masalah yang mengarah kepada diperlukannya kehadiran pemda,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (15/5/2023).

Dengan target nilai investasi yang tinggi, lanjut Kevin, akan semakin menunjukkan kehadiran IWIP dalam memberi manfaat untuk mempercepat laju perekonomian nasional.

Baca juga: Kompak, Paguyuban Warga Jatim bersama Para Bupati dan Wali Kota Dorong Perekonomian Daerah

Tak lupa, ia menyampaikan dukungan terhadap rencana Penjabat (Pj) Bupati Halteng Ikram Malan Sangadji atas beberapa proyek pembangunan di Bumi Fagogoru itu.

Sebelumnya, Pj Bupati Halteng Ikram Malan Sangadji mengatakan bahwa industrialisasi nikel di wilayahnya harus seimbang dengan sosial, ekonomi, dan lingkungan.

“Ada beberapa hal yang menjadi komitmen kami, termasuk penataan lingkungan. Beberapa lokasi pembangunan infrastruktur juga sudah mulai land clearing dan minggu depan sudah mulai bekerja. Mudah-mudahan pada 2024 sudah bisa diresmikan,” jelas Ikram.

Ikram mengaku optimistis dengan kerja sama pihaknya bersama IWIP, terlebih karena didukung oleh Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Baca juga: Luhut Dapat Tugas Baru Tangani Percepatan Investasi di IKN

Luhut berikan respons positif

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan saat mengunjungi IWIP, Jumat (12/5/2023).DOK. IWIP Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan saat mengunjungi IWIP, Jumat (12/5/2023).

Pada kesempatan yang sama, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengaku bangga dengan IWIP karena telah memberikan dampak signifikan bagi lingkungan sekitar, terutama dalam bidang peningkatan ekonomi masyarakat.

Seperti diketahui, kehadiran IWIP berhasil memberikan kontribusi utama terhadap pertumbuhan ekonomi Maluku Utara pada 2022 yang mencapai 28 persen.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com