Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Istana Negara Capai 12 Persen, Pemerintah Optimistis Upacara HUT RI 2024 Bisa di IKN

Kompas.com - 16/05/2023, 12:04 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan progres pembangunan istana negara dan kawasan kantor presiden di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah mencapai 12 persen.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis H. Sumadilaga mengatakan, progres tersebut masih sesuai dengan rencana sehingga diperkirakan akan selesai dibangun tahun depan.

"Progresnya sejauh ini baik ya sekitar 12 persen lebih," ujarnya saat wawancara virtual dengan media, Senin (15/5/2023).

Baca juga: Bocoran Kementerian PUPR soal Lokasi Bandara VIP di IKN

"Sejauh ini Insya Allah progres masih ahead of schedule (lebih cepat dari jadwal) 1 atau 2 persen lah dari rencana. Jadi masih dalam rencana," tambahnya.

Melihat progres pembangunan istana negara dan kantor presiden ini, dia optimistis dan akan mengupayakan agar tempat ini dapat menjadi lokasi upacara HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024.

"Kita coba bahwa di depan Istana Presiden itu ada area lapangan yang menjadi rencana upacara 17 Agustus 2024," sebutnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo optimistis menargetkan pada 17 Agustus 2024, untuk pertama kalinya peringatan detik-detik proklamasi akan digelar di IKN.

"Karena memang kita ada target 17 Agustus 2024 ada upacara bendera di IKN," ujar Jokowi saat mengunjungi kawasan kompleks perumahan menteri kawasan IKN, Sepaku, pada Kamis (23/2/2023).

Pembangunan Istana dan Kantor Presiden telah dimulai pembangunannya dengan nilai kontrak sebesar Rp 1,56 triliun. Konstruksinya dilaksanakan oleh PT PP (Persero) Tbk-PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, KSO.

Baca juga: Kepala Otorita: Pembangunan Mal di IKN Akan Dimulai pada 2024

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com