Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Membangun Jaringan bagi "Fresh Graduate"

Kompas.com - 17/05/2023, 10:30 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com – Jaringan atau koneksi merupakan kata kunci yang semakin populer di dunia profesional. Ini merupakan salah satu keterampilan yang penting untuk dimiliki oleh para lulusan baru (fresh graduate), untuk memudahkannya memasuki dunia kerja.

Namun, pertanyaan tentang bagaimana membangun jaringan dengan sukses menjadi perhatian utama saat lulusan perguruan tinggi angkatan bersiap untuk memasuki dunia kerja.

Byron Slosar, pakar karier dan CEO platform karier HelloHive menawarkan perspektifnya tentang pentingnya jaringan dan cara melakukannya secara efektif.

Baca juga: Pertamina Gas Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan D3, Fresh Graduate Boleh Daftar

“Jaringan harus dianggap sebagai kata kerja, bukan kata benda. Jaringan bukanlah seperti, ‘saya perlu mengenal seseorang untuk mendapatkan pekerjaan’, tapi sebaliknya, dalam kapasitas kemampuan, dengan melihat sekeliling, sumber daya yang dapat membantu,” kata Slosar.

Setelah menghabiskan karirnya bekerja dengan mahasiswa dan profesional muda, dia memahami tekanan yang dirasakan Generasi Z saat mereka mencoba mempertahankan pekerjaan pertama mereka dan mengambil langkah dalam pengembangan profesional.

Slosar juga mendorong siswa untuk berpikir dalam jangka pendek, daripada menekankan tentang rencana karir jangka panjang mereka.

Baca juga: Lowongan Kerja LPDP untuk S1 Fresh Graduate, Ini Persyaratannya

“Siapa yang berpikir masuk akal untuk bertanya kepada siswa tentang rencana lima tahun? Saya berusia 42 tahun dan saya baru saja menemukan karir saya. Saat lulus kuliah, pikirkan pekerjaan pertama dan kurangi tekanan perasaan seperti Anda perlu mengetahui segalanya dan benar-benar hanya fokus pada apa yang paling penting,” kata dia.

“Mari fokus pada langkah satu dan dua karena langkah tiga, empat, dan lima pasti akan berubah,” tambah Slosar.

Slosar membagikan empat tips bagai lulusan baru untuk dapat membangun jaringan mereka, dan memulai langkah pertama dengan efektif dalam memajukan tujuan karir:

Baca juga: Bank BCA Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan S1-S2, Fresh Graduate Boleh Daftar

1. Jaringan adalah tentang kualitas, bukan kuantitas

Slosar menilai, dalam membangun jaringan akan lebih banyak ketidak samaan. Tapi dalam membangun jaringan, tentunya intensitas percakapan dan koneksi akan memudahkan dalam mengambil langkah selanjutnya.

“Jaringan adalah tentang kualitas, bukan kuantitas. Fokus pada percakapan dan koneksi yang bermakna yang benar-benar dapat membantu kamu maju ke langkah berikutnya,” kata Slosar.

Slosar menyebut, bagi lulusan baru, ada baiknya untuk menindaklanjuti percakapan yang bermakna ini hanya dengan pembaruan yang relevan.

“Setelah pertemuan pertama kamu, tetap berhubungan tetapi harus ada batasan. Ingatkan mereka bahwa kamu mendengarkan apa yang mereka katakan,” jelas Slosar.

Baca juga: Simak 6 Tips Mengatur Keuangan untuk Fresh Graduate

2. Hindari membangun jaringan dengan posisi pekerjaan yang terlalu tinggi

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com