Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersiap IPO, RelifeAsia Berencana Bagikan Dividen Sebesar-besarnya 50 Persen dari Laba

Kompas.com - 31/05/2023, 18:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan properti PT Graha Mitra Asia atau RelifeAsia akan melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham RELF. Adapun jumlah saham yang akan ditawarkan pada IPO ini sebanyak 1,2 miliar lembar saham.

Perusahaan berencana menawarkan saham seharga Rp 90 sampai dengan Rp 100 per lembarnya dengan perkiraan dana yang akan diperoleh sebanyak Rp 108 miliar sampai dengan Rp120 miliar.

Secara bersamaan, RELF menerbitkan sebanyak-banyaknya 1,2 miliar Waran Seri I yang menyertai saham baru Perseroan. Waran Seri I ini akan diterbitkan dengan rasio 1:1. Adapun penjamin emisi efek adalah UOB Kay Hian Sekuritas.

Edy Abdul Malik, Direktur Keuangan PT Graha Mitra Asia Tbk mengatakan, dana IPO yang diperoleh setelah dikurangi biaya emisi akan digunakan untuk membeli tanah seluas 2.750 m2 di Jakarta Selatan untuk proyek real estate Greenland Jagakarsa.

“Kemudian sekitar 46,67 persen dana IPO yang diperoleh Perusahaan atau Rp 56,5 miliar untuk membeli tanah seluas 4 Ha di Semplak Barat, Kemang, Bogor yang akan dikembangkan menjadi sekitar 300 unit rumah. Sisanya akan digunakan untuk modal kerja,” kata Edy dalam siaran pers, Rabu (31/5/2023).

Baca juga: Lima Emiten Bakal Bayarkan Dividen Akhir Mei Ini, Ada TOWR, INCO, EXCL

Edy mengatakan, perseroan telah memiliki kebijakan pembagian dividen sebesar maksimal 50 persen dari laba bersih. Tidak hanya itu, perusahaan juga memiliki potensi untuk membagikan dividen interim di tahun ini.

“Jika kondisi kinerja keuangan Perseroan tetap baik sampai akhir tahun, Manajemen akan mempertimbangkan untuk membagikan dividen interim di tahun ini,” tambahnya.

Saat ini, RelifeAsia memiliki proyek yang berlokasi di Kemang, Bogor, Jawa Barat. Proyek perumahan yang dikenal dengan nama Greenland Kemang yang dibangun di atas lahan seluas 13 Ha dengan total kurang lebih 1.000 unit rumah.

Penawaran umum perdana saham PT Graha Mitra Asia Tbk (RELF) diperkirakan akan berlangsung di tanggal 14-20 Juni 2023 dan rencana pencatatan saham di BEI diperkirakan akan berlangsung pada tanggal 22 Juni 2023.

Baca juga: Catat, 5 Emiten Ini Cum Date Ahir Mei 2023, Ada BRIS, MIKA, IDEA

Berikut ini rincian indikasi jadwal IPO :

Masa Penawaran Awal: 25 Mei - 5 Juni 2023

Tanggal Efektif: 12 Juni 2023

Penawaran Umum: 14 - 20 Juni 2023

Penjatahan: 20 Juni 2023

Distribusi Saham dan Waran Seri I secara elektronik : 21 Juni 2023

Pencatatan Saham dan Waran Seri I di BEI : 22 Juni 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com