Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LRT Jabodebek Terapkan "Cashless" Sejak Soft Launching di Juli 2023

Kompas.com - 02/06/2023, 20:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Metode pembayaran LRT Jabodebek akan dilakukan secara non-tunai (cashless) menggunakan kartu uang elektronik maupun kartu multi trip.

Kartu-kartu tersebut juga wajib dibawa saat soft launching terbatas pada 12 Juli sampai 15 Agustus nanti karena penumpang akan dikenakan tarif LRT Jabodebek sebesar Rp 1.

Namun Manajer Public Relations KAI Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo tidak menjelaskan, merek kartu uang elektronik yang bisa digunakan untuk pembayaran LRT Jabodebek.

Dia bilang, detil mengenai hal tersebut akan dijelaskan saat masyarakat mendaftar untuk mengikuti soft launching LRT Jabodebek.

Baca juga: Tidak Jadi Gratis, Segini Tarif LRT Jabodetabek Saat Soft Launching 12 Juli

Sementara untuk kartu multitrip, saat soft launching, penumpang dapat menggunakan kartu multitrip yang biasa digunakan untuk pembayaran KRL Jabodetabek.

"Sementara ini bisa menggunakan kartu yang KRL, nanti detailnya akan kami sampaikan pada link pendaftaran untuk ikut joyride atau soft launching menjelang 12 Juli nanti," ujarnya saat kepada Kompas.com, Jumat (2/6/2023).

Selain itu, pembayaran LRT Jabodebek juga bisa menggunakan dompet digital.

Namun, dia tidak dapat memastikan apakah dompet digital sudah dapat digunakan saat soft launching LRT Jabodebek. Sebab, saat ini metode pembayaran ini masih dalam proses integrasi.

Apabila proses integrasi dompet digital sudah selesai dilakukan sebelum 12 Juli, maka kemungkinan penumpang dapat menggunakan dompet digital sebagai metode pembayaran.

"Semoga saat nanti soft launching proses integrasinya sudah selesai," kata dia.

Baca juga: LRT Jabodebek Beroperasi 17 Agustus 2023, Ini PR yang Harus Diselesaikan

Kuswardojo menjelaskan, penerapan cashless saat soft launching LRT Jabodebek dilakukan agar masyarakat terbiasa menggunakan LRT Jabodebek termasuk cara penggunaan sistem pembayaran.

Soft launching merupakan salah satu upaya sosialisasi yang dilakukan operator agar masyarakat dapat menerapkan penggunaan LRT Jabodebek saat dioperasionalkan secara komersil Agustus mendatang.

"Penggunaan alat pembayaran cashless tersebut kami lakukan saat soft launching atau joyride. Ini merupakan bagian dari sosialisasi kami kepada masyarakat terkait tatacara penggunaan transportasi LRT Jabodebek mulai dari mekanisme pembayaran dan alat pembayaran yg digunakan hingga proses naik turun di dalam perjalanannya," jelasnya.

Adapun pada soft launching LRT Jabodebek dengan penumpang akan dilakukan terbatas. Untuk itu, masyarakat yang ingin menjajal LRT Jabodebek ini dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti soft launching.

"Masyarakat bisa mendaftarkan diri melalui link yg akan kami sampaikan melalui medsos kami @lrt_jabodebek menjelang operasional terbatas di 12 Juli," tuturnya.

Baca juga: Pengamat: Pakai Subsidi, Tarif LRT Jabodebek Idealnya Rp 12.000-Rp 15.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com