Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Jadi Gratis, Segini Tarif LRT Jabodetabek Saat Soft Launching 12 Juli

Kompas.com - 02/06/2023, 18:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi LRT Jabodebek tidak jadi memberlakukan tarif gratis saat uji coba terbatas atau soft launching LRT Jabodebek pada 12 Juli sampai 15 Agustus 2023.

Manajer Public Relations KAI Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo mengatakan, pihaknya akan mengenakan tarif LRT Jabodebek sebesar Rp 1 saat soft launching nanti.

Pasalnya, sistem tiket elektronik LRT Jabodebek mengharuskan setiap transaksi dikenakan tarif minimal Rp 1 alias tidak bisa gratis.

"Jadi karena sistem pembayaran cashless yang mengharuskan ada nominal pada setiap kegiatan transaksi, maka dengan terpaksa kami menyertakan pembayaran sebesar Rp1 pada saat taping masuk ke stasiun," ujarnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (2/6/2023).

Baca juga: Menengok Rencana Pembangunan LRT Bali, Sudah Sampai Mana?

Dia mengungkapkan, penggunaan sistem tiket elektronik pada LRT Jabodebek ini dimulai sejak soft launching agar masyarakat terbiasa menggunakan LRT Jabodebek termasuk cara menggunakan sistem pembayarannya.

Dengan demikian, mulai soft launching nanti penumpang wajib membawa kartu uang elektronik seperti e-Money, Flazz, Brizzi, dan sebagainya maupun kartu multi trip yang biasa digunakan untuk membayar KRL Jabodetabek.

"Betul, agar mereka (masyarakat) terbiasa saat nanti full operation," kata dia.

Baca juga: Menhub: Pembangunan LRT Jakarta Rute Velodrome-Manggarai Dimulai Tahun Ini

Adapun pada saat soft launching LRT Jabodebek, masyarakat umum bisa ikut menjadi peserta, namun memang jumlahnya terbatas.

Dia menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin mencicipi naik LRT Jabodebek ini dapat mendaftarkan diri secara online di website yang akan disampaikan di media sosial @lrt_jabodebek menjelang 12 Juli mendatang.

"Saat soft launching atau joyride tersebut masih membawa penumpang dengan jumlah yang terbatas namun dengan menerapkan semua tatacara bertransportasi menggunakan LRT Jabodebek seperti saat nanti full operasional," tuturnya.

Baca juga: LRT Jabodebek Beroperasi 17 Agustus 2023, Ini PR yang Harus Diselesaikan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com