Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Perusahaan Makanan dan Minuman Terbesar di Dunia

Kompas.com - 19/06/2023, 18:37 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

Sumber Forbes

JAKARTA, KOMPAS.com - Forbes Global 2000 melaporkan, Nestle merupakan perusahaan makanan terbesar di dunia. Gelar tersebut telah dipegang perusahaan asal Swiss itu selama lebih dari satu dekade.

Dalam daftar perusahaan publik terbesar dunia versi Forbes Global 2000 tahun ini, perusahaan yang menduduki posisi teratas dalam industri makanan dan minuman menghasilkan penjualan lebih dari 98 miliar dollar AS atau setara Rp 1.470 triliun (kurs Rp 15.000).

Forbes mencatat, Nestle mengoperasikan bisnis air kemasan yang besar dan memiliki merek kopi Nespresso. Selain itu, Nestle juga memiliki produk beku seperti Hot Pockets, Stouffer's, dan DiGiorno.

Baca juga: Bank Digital Masuk Daftar 10 Bank Terbaik Indonesia Versi Forbes

Nestlé mendapatkan sebagian besar penjualannya dari Amerika Serikat dan memiliki 62 pabrik di Amerika Serikat.

Sementara itu, laba bersih Nestle tahun lalu mencapai lebih dari 9,7 miliar dollar AS.

Sedikit catatan, laba bersih adalah salah satu metrik utama yang digunakan Forbes setiap tahun untuk menganalisis perusahaan sebagai bagian dari daftar Forbes Global 2000.

Peringkat komprehensif perusahaan publik paling kuat di dunia diukur dengan skor gabungan dari pendapatan, laba, aset, dan nilai pasar.

Baca juga: 8 Perusahaan Publik Indonesia Masuk List Forbes Global 2000, Apa Saja?

 

Posisi Nestle hampir tergeser oleh Anheuser-Busch InBev pada 2018. Tahun ini, AB InBev menempati peringkat kedua, setelah mencatat 57 miliar dollar AS dalam penjualan tahunan.

Jumlah tersebut melonjak 3 miliar dollar AS dari tahun sebelumnya ketika klub dan bar bangkit kembali dari penutupan pandemi.

Sedangkan Pepsi, yang telah bertarung dengan AB InBev untuk posisi kedua dan ketiga selama bertahun-tahun, jatuh ke posisi ketiga tahun ini. Padahal, pendapatannya meningkat 8 miliar dollar AS mencapai 88 miliar dollar AS.

Baca juga: Bank Mandiri Jadi Bank BUMN Terbaik Versi Forbes

AB InBev memiliki lebih banyak aset dan peningkatan laba yang lebih tinggi. Itu mendorong konglomerat bir itu mengungguli Pepsi dalam peringkat tahun ini.

Nama lain yang melengkapi daftar tersebut adalah Danone, General Mills, Mondelez, Tyson Foods, JBS, dan Kraft-Heinz.

Baca juga: Indonesia Masuk Daftar 20 Negara dengan Miliarder Terbanyak Versi Forbes 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Forbes


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com