Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Anggota Dewan Komisoner OJK Baru Bakal Hadir Agustus 2023

Kompas.com - 23/06/2023, 15:40 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

TANAH DATAR, KOMPAS.com - Proses seleksi calon anggota dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan segera rampung. Hal ini mengingat, penetapan dan pelantikan 2 anggota dewan komisoner OJK baru akan dilakukan pada pertengahan Agustus mendatang.

"Dua ADK baru akan hadir sebentar lagi dan mungkin pertengahan Agustus segera hadir," ujar Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Frederica Widyasari Dewi, di Tanah Datar, Kamis (22/6/2023).

Frederica mengatakan, penambahan 2 anggota dewan komisioner OJK itu selaras dengan ketentuan Undang-undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan. Dalam UU itu memang disebutkan, adanya penambahan jumlah serta peran dewan komisioner OJK.

Baca juga: Peringatan OJK soal Maraknya Pay Later: Jangan Beli Barang Konsumtif Pakai Utang

"Dengan UU PPSK memang amanah yang diberi OJK semakin luas," katanya.

Sebagai informasi, 2 anggota dewan komisioner OJK yang akan hadir ialah kepala eksekutif pengawas lembaga pembiayaan perusahaan modal ventura, lembaga keuangan mikro, dan lembaga jasa keuangan lainnya serta kepala eksekutif pengawas inovasi teknologi sektor keuangan, aset keuangan digital, dan aset kripto.

Baca juga: Upaya OJK Perkecil Gap Literasi dan Inklusi Keuangan di Perdesaan Vs Perkotaan

Pada pengujung Mei lalu, Panitia Seleksi Pemilihan Calon Anggota Dewan Komisioner OJK telah menyerahkan daftar nama peserta yang telah melewati 4 tahap seleksi ke Presiden Joko Widodo. Orang nomor satu RI itu akan mengirimkan 4 nama dari 6 nama yang diberikan Pansel ke DPR untuk menjalankan fit and proper test.

"Diharapkan kedua kepala eksekutif OJK ini akan bisa dipilih dan kemudian dilantik pada 11 Agustus 2023,” kata Menteri Keuangan sekaligus Ketua Panitia Seleksi Sri Mulyani Indrawati dalam keterangan pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (30/5/2023).

Baca juga: Bos OJK: Badai Ekonomi Mulai Mereda, tapi Belum Berlalu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com