Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Bakal Jual Pertamax Green 95 Paling Cepat Pekan Depan

Kompas.com - 04/07/2023, 16:40 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) akan memasarkan produk bahan bakar minyak (BBM) Pertamax Green 95 paling cepat pekan depan. Produk ini merupakan percampuran antara Pertamax dengan Bioetanol sebesar 5 persen (E5).

Bioetanol adalah etanol atau senyawa alkohol yang berasal dari tumbuhan, dan Pertamina dalam hal ini menggunakan tebu.

VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengungkapkan, rencananya Pertamax Green 95 yang menjadi produk BBM terbaru Pertamina tersebut, mulai dijual komersil pada minggu kedua atau ketiga Juli 2023.

Baca juga: Wamen BUMN: BBM Pertamax Green 95 Dibanderol Sekitar Rp 13.200 Per Liter

"Kita harapkan (dijual komersil pada) minggu kedua atau ketiga Juli 2023," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (4/7/2023).

Rencananya, harga Pertamax Green 95 berkisar di Rp 13.200 per liter.

Nantinya, produk BBM ini akan dijual pertama kali di Surabaya, Jawa Timur dan memungkinkan untuk diperluas pemasarannya ke Jakarta.

Padahal, mulanya penjualan tahap awal Pertamax Green 95 direncanakan hanya di 10 SPBU Surabaya. Lantaran, berdekatan dengan produsen bahan baku Bioetanol yang ada di Kabupaten Mojokerto dan Malang.

"Rencana awal 10 SPBU di Surabaya, tapi bisa bertambah secara bertahap, baik di Surabaya maupun hingga ke Jakarta. Harapan kita semakin banyak, semakin baik," ungkap Fadjar.

Menurutnya, dalam penetapan harga dan wilayah pemasaran, Pertamina mempertimbangkan pasar yang disasar. Ia bilang, Pertamax Green 95 merupakan BBM non-subsidi yang memang menyasar pasar kelas menengah.

Baca juga: BBM Baru Pertamina Pertamax Green 95 Dijual Mulai Juli 2023

"Pertimbangannya, nanti salah satunya tentu melihat respons pasar terhadap produk ini, karena produk ini RON lebih tinggi, namun lebih ramah lingkungan. Kita harapkan bisa untuk pasar kelas menengah," papar dia.

Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN I Pahala N. Mansury mengungkapkan, Pertamax Green 95 akan dijual dengan harga berkisar Rp 13.200 per liter.

Nantinya, uji coba pasar akan dilakukan di Jawa Timur dan Jakarta dengan 17 titik SPBU yang mencakup 11 titik di Jawa Timur dan 6 titik di Jakarta.

"(Pertamax Green 95 dijual) di harga Rp 13.200 per liter, di kisaran segitu. Kemungkinan ada 17 titik SPBU yang akan menjual Green Pertamax 95," ujarnya ditemui di Jakarta, Senin (3/7/2023).

Baca juga: Produk Orthoxylene Pertamina Sasar Pasar Industri Petrokimia Domestik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com