BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Smartfren

Tingkatkan Kualitas Layanan, Smartfren Perkuat Jaringan dan Hadirkan Kartu Perdana Kuota M

Kompas.com - 05/07/2023, 10:02 WIB
Aningtias Jatmika,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.comSmartfren terus meningkatkan kualitas jaringan di seluruh wilayah operasionalnya. Peningkatan kualitas tersebut antara lain dilakukan dengan perluasan coverage, implementasi content delivery network (CDN), dan optimasi jaringan.

Selain itu, ada pula produk baru yang dapat digunakan pelanggan untuk mengoptimalkan pengalaman berinternet di jaringan Smartfren yang 100 persen 4G.

Sebagai informasi, Smartfren memperluas coverage hingga tingkat kabupaten melalui penambahan sejumlah base transceiver station (BTS) yang berfungsi memperkuat jaringan.

Berkat penambahan tersebut, coverage dan kapasitas Smartfren secara nasional meningkat 12,3 persen.

Sementara itu, penambahan BTS itu juga meningkatkan coverage dan kapasitas hingga 3 persen di Sumatera Utara, 10 persen di Sumatera Selatan, 3 persen di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), 10 persen di Jawa Barat, 9 persen di Jawa Tengah, 4 persen di Jawa Timur, serta 7 persen di Sulawesi dan Kalimantan.

Baca juga: 3 Tip Gaming Antilag, Pastikan Internet Stabil dengan Kartu Perdana Smartfren Kuota M

Untuk menurunkan latensi, Smartfren menguatkan core network dengan membangun CDN yang berfungsi sebagai cache. Latensi sendiri merupakan tingkat respons jaringan yang menentukan pengalaman pelanggan saat mengakses berbagai konten dan aplikasi menggunakan internet.

Adapun CDN tersebut diletakkan di 7 kota di Indonesia yang menjadi titik perlintasan data dari berbagai wilayah. Tujuh kota itu meliputi Medan, Bandung, Tangerang, Yogyakarta, Banjarmasin, Surabaya, dan Makassar.

Vice President (VP) Network Operations Smartfren Agus Rohmat mengatakan, penguatan jaringan merupakan bagian dari inisiatif #100PersenUntukIndonesia yang dilakukan Smartfren dalam memenuhi kebutuhan digital masyarakat Indonesia.

“Optimasi jaringan dan perluasan coverage diharapkan semakin banyak masyarakat yang bisa menikmati jaringan internet Smartfren. Sementara, dengan dukungan CDN yang lebih mutakhir, pelanggan bisa mendapatkan pengalaman latensi yang lebih baik dan andal,” ujar Agus dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (27/6/2023).

Smartfren juga merilis kartu perdana baru, yakni Smartfren Kuota M, yang bisa digunakan oleh pelanggan untuk menikmati koneksi internet secara optimal. Dengan harga Rp 30 ribu-an, pelanggan bisa mendapatkan kuota internet untuk sebulan.

#SmartfrenKuota yang diperoleh adalah 16 GB yang terdiri atas Kuota Nasional 6 GB dan Kuota Lokal hingga 10 GB ditambah kuota aplikasi 5 GB untuk 30 hari. Kuota ini bisa digunakan selama 24 jam.

Menariknya, konsumen bisa mendapatkan promo Spesial Pelanggan Baru, yakni bonus kuota hingga 12 GB per bulan selama setahun.

Smartfren Kuota MSmartfren Smartfren Kuota M

Bonus kuota dapat diklaim melalui aplikasi MySmartfren atau USSI *123*789#. Bonus ini bisa didapat ketika pengguna mengisi ulang paket data kuota setiap bulan melalui *123# atau aplikasi mySF.

Dengan kuota yang berlimpah, konsumen tak hanya dapat bermain game dan menonton streaming serial Indonesia ataupun drama Korea dengan puas, tapi juga berselancar di dunia maya atau belanja online di e-commerce.

Pelanggan setia Smartfren juga bisa menikmati benefit tersebut dengan membeli paket data terbaru dari Smartfren.

Baca juga: 3 Aktivitas Seru Saat Weekend dengan Internet Lancar dari Kartu Perdana Smartfren Kuota M

Dengan pembelian paket data Smartfren Kuota M seharga Rp 38.000, pelanggan bisa mendapatkan total kuota hingga 16 GB.

Sementara, dengan pembelian Smartfren Kuota L seharga Rp 55.000, pelanggan bisa mendapatkan total kuota hingga 30 GB.

Kemudian, dengan pembelian Smartfren Kuota 2L seharga Rp 82.000, konsumen bisa mendapatkan total kuota hingga 55 GB.

Lalu, ada pula Smartfren Kuota 3L seharga Rp 115.000 untuk total kuota hingga 85 GB dan Smartfren Kuota 4L untuk total kuota hingga 110 GB seharga Rp 137.000.

Kartu Perdana Smartfren Kuota M bisa diperoleh di outlet terdekat. Adapun seluruh promo tersebut berlaku pada periode terbatas.

Informasi lebih lanjut mengenai Kartu Perdana Smartfren Kuota M bisa kamu dapatkan dengan mengunjungi www.smartfren.com dan media sosial @smartfrenworld.

 


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com