Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Transformasi Antar PIS Cetak Laba Jumbo Semester I 2023

Kompas.com - 09/08/2023, 15:17 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Strategi transformasi perusahaan mengantarkan PT Pertamina International Shipping (PIS) mencetak laba jumbo 138,5 juta dollar AS pada semester I-2023. Perolehan tersebut naik 93 persen dibanding periode serupa 2022 sebesar 71,7 juta dollar AS.

Perolehan laba semester I-2023 sebesar 138,5 juta dollar AS tersebut mencapai sebesar 63,7 persen dari target RKAP 2023.

Kenaikan laba PIS didorong kenaikan pendapatan, di mana selama semester I-2023 PIS membukukan pemdapatan sebesar 1,61 miliar dollar AS, naik 30 persen dibanding semester I-2022 sebesar 1,24 miliar dollar AS.

Inisiatif transformasi yang dijalankan juga terbukti memberikan kontribusi penambahan pendapatan yang berdampak pada EBITDA.

EBITDA PIS tercatat naik 26 persen menjadi 458,4 juta dollar AS semester I-2023 dari 364,4 juta dollar AS di semester I-2022.

Baca juga: PIS Tunjuk I Ketut Laba Jadi Dirut PTK dan Bayu Prostiyono sebagai Dirut PET

Lantas strategi transformasi apa yang dijalankan PIS sebagai Sub Holding Integrated Marine Logistics (SH IML) PT Pertamina (Persero)? Berikut paparan CEO PIS Yoki Firnandi.

“Apresiasi untuk seluruh Perwira yang telah mendukung program transformasi dan memberikan kinerja terbaiknya untuk SH IML,” jelas Yoki melalui keterangan pers, Rabu (9/8/2023).

1. Transformasi dari sisi operasi

Yoki memaparkan transformasi yang dijalankan di operasi misalnya dalam hal optimalisasi rantai pasokan komoditas sukses mengoptimalkan tonase dan pengurangan konsumsi bunker, yang berujung pada efisiensi.

2. Transformasi dari sisi armada

Dari sisi armada di mana kapal-kapal milik PIS menggandeng ship management kelas dunia untuk mendorong kapabilitas kru kapal sesuai dengan standar internasional.

“Ini terbukti jumlah kapal yang lolos sertifikasi seperti Paris MOU dan yang lolos Ship Inspection Report Programme (SIRE) bertambah. Artinya, kapal kita semakin banyak diterima di pasar internasional,” kata Yoki.

Baca juga: Strategi PIS Bersiap Capai Target IPO di 2025

3. Transformasi dari sisi komersial

Sementara dari sisi komersial, PIS semakin agresif mengembangkan pasar non-captive. Terbukti, pendapatan dari pasar non-captive pada semester I saja telah mencapai 369,9 juta dollar AS atau 22,8 persen dari total pendapatan, bertumbuh signifikan dari proporsi 15,7 persen sepanjang 2022 lalu.

“Transformasi yang dijalankan ini menorehkan pencapaian luar biasa, tapi transformasi ini belum selesai. Kita masih harus terus semangat untuk menggapai mimpi sebagai Asian Leading Integrated Marine Logistics,” tutup Yoki.

Perubahan direksi

Di tahun 2023 ini, juga terdapat perubahan jajaran komisaris dan direksi di SH IML PIS yang diumumkan dan bertatap muka secara virtual dengan seluruh perwira SH IML pada pelaksanaan Town Hall Meeting PIS pada akhir Juli lalu.

Seperti diketahui, posisi Komisaris Utama PIS saat ini diamanahkan kepada Mochtar Husein. PIS juga menunjuk pucuk pimpinan di anak-anak usahanya yakni I Ketut Laba sebagai Direktur Utama PT Pertamina Trans Kontinental dan Bayu Prostiyono sebagai Direktur PT Pertamina Energy Terminal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com