Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Pertumbuhan Portofolio Nasabah, Bank Muamalat Gandeng Anak Usaha Astra

Kompas.com - 25/08/2023, 14:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk menjalin kerja sama pemberian referensi fasilitas pembiayaan dengan PT Sharia Multifinance Astra (AMITRA), anak perusahaan PT Astra International Tbk di bidang pembiayaan syariah.

SEVP Retail Banking Bank Muamalat Dedy Suryadi Dharmawan mengatakan, kolaborasi ini diharapkan dapat memacu pertumbuhan portofolio pembiayaan masing-masing perusahaan. Dia bilang, kerja sama ini bersifat resiprokal yang artinya masing-masing pihak akan saling mereferensikan calon nasabah.

Dharmawan menjelaskan, dalam kerja sama ini, AMITRA akan mereferensikan calon nasabah untuk produk KPR Muamalat iB atau yang ingin mengalihkan fasilitas pembiayaan dari bank lain (take over) ke Bank Muamalat. Sebaliknya, Bank Muamalat akan mereferensikan calon nasabah yang ingin mendapatkan fasilitas pembiayaan porsi haji regular dan/atau pembiayaan porsi haji khusus milik AMITRA.

“Bank Muamalat dan AMITRA masing-masing memiliki keunggulan dari sisi basis nasabah dan jaringan cabang. Oleh karena itu, melalui sinergi ini kita ingin memaksimalkan potensi bisnis tersebut berupa pemberian referensi calon nasabah untuk produk pembiayaan konsumer masing-masing perusahaan secara resiprokal,” kata Dharmawan dalam siaran pers, Jumat (25/8/2023).

Baca juga: Semester I-2023, Bank Muamalat Cetak Laba Sebelum Pajak Rp 40,9 Miliar

Secara umum, Bank Muamalat menargetkan pembiayaan konsumer dapat tumbuh agresif pada akhir tahun ini, dimana KPR akan menjadi penyumbang terbesar dalam portofolio pembiayaan konsumer.

Guna mengejar target tersebut, Bank Muamalat telah membangun Consumer Processing Center (CPC) di enam kota yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Yogyakarta, Surabaya dan Makassar. Adanya CPC ini diharapkan dapat meningkatkan pemenuhan Service Level Agreement (SLA) yang pada akhirnya mempercepat proses pengajuan pembiayaan dengan tetap memastikan kualitas yang baik.

Baca juga: Cara Nasabah Bank Muamalat Tarik Tunai Tanpa Kartu di Indomaret


Sebagai informasi, Bank Muamalat menyiapkan program khusus dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia bernama KPR Hijrah Merdeka. Program ini memberikan margin spesial mulai dari 3,1 persen untuk pembelian rumah baru dari pengembang rekanan Bank Muamalat dan take over dari bank lain.

Keunggulan produk KPR Hijrah di Bank Muamalat antara lain uang muka yang ringan mulai dari 0 persen, besar angsuran atau cicilan bersifat pasti serta pembiayaan yang sifatnya fleksibel dan disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Selain take over pembiayaan, nasabah juga bisa melakukan penambahan (top up) pembiayaan. Dana top up tersebut bisa digunakan untuk renovasi rumah, pembelian perabotan rumah, atau pembelian barang-barang kebutuhan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com