Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Tips 3C untuk Terhindar dari Hoaks

Kompas.com - 25/08/2023, 23:31 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dan selalu menerapkan 3C jika mendapatkan pesan yang mengatasnamakan Shopee.

Pertama, cek pengirimnya. Dia menjelaskan, semua informasi resmi dari Shopee hanya dikirim lewat akun WhatsApp (WA) Shopee bercentang hijau dan media sosial resmi yang sudah terverifikasi.

"Kemarin, sempat beberapa bulan lalu gempar katanya ada hoaks, sudah centang hijau di Whatsapp. Ternyata centang hijaunya di display picture-nya. Jadi orang sudah sekreatif itu. Kalau follower penasaran bisa di Cek Fakta," ungkapnya di dalam media gathering, Jakarta, Jumat (25/8/2023).

Baca juga: Eiger Catat Rekor Omzet hingga 16 Kali Lipat berkat Berjualan di Shopee Live

Kedua, chat customer service. Monica mengatakan jika membutuhkan kepastian atas informasi mencurigakan, pengguna bisa menggunakan fitur terbaru Cek Fakta yang ada di aplikasi Shopee.

Ketiga, cari tahu modusnya. Modus penipuan terus berubah sehingga pengguna bisa mengikuti akun @shopeecare_id di Instagram agar selalu update tentang penipuan berkedok Shopee.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, fitur Cek Fakta memudahkan pengguna melakukan pengecekan kebenaran terkait berbagai informasi yang diterima tentang Shopee.

Baca juga: Gelar Shopee Live Bareng JKT48, Erigo Cetak Omzet Rp 5 Miliar

"Fitur Cek Fakta merupakan wujud komitmen Shopee menghadirkan platform e-commerce yang aman bagi pengguna. Dengan mengoptimalkan fitur tersebut, pengguna dapat terhindar dari risiko penipuan ketika menerima informasi yang dianggap mencurigakan. Terutama, informasi yang mengatasnamakan Shopee," ujar Handhika beberapa waktu lalu.

Handhika menambahkan, peredaran informasi palsu yang mengatasnamakan Shopee dapat merugikan pengguna. Oleh karena itu, pihaknya menyediakan kanal khusus bagi pengguna untuk mengecek kebenaran informasi mengatasnamakan Shopee yang mereka terima.

Baca juga: Makin Cuan, Ini Cara Live Streaming di Shopee Bagi Pemula

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com