Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makin Cuan, Ini Cara Live Streaming di Shopee Bagi Pemula

Kompas.com - 09/08/2023, 20:40 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cara berjualan melalui fitur live streaming di Shopee harus dipahami para seller (penjual) untuk meningkatkan penjualan.

Fitur live streaming di Shopee sudah banyak digunakan para seller dengan memberikan penawaran menarik kepada para pembeli. Melalui live di Shopee, para seller dapat langsung berinteraksi dengan pembeli secara real time.

Shopee Live adalah fitur streaming langsung di aplikasi Shopee yang memungkinkan anda untuk menonton konten terkait produk dan berinteraksi langsung dengan penjual.

Kamu dapat menemukan penjual dan berbagai produk baru, serta berpartisipasi dalam aktivitas Shopee Live untuk penawaran eksklusif.

Baca juga: 7 Tips agar Live Streaming Ramai dan Interaktif

Sejumlah kisah sukses live streaming di Shopee Live sudah banyak dirasakan para penjual yang berasal dari berbagai kalangan seperti artis, dokter, dan pengusaha lainnya.

Baru-baru ini, Dokter spesialis kecantikan, Richard Lee berhasil memecahkan rekor omzet penjualan live streaming yang sebelumnya dipegang oleh selebritas Raffi Ahmad di Shopee Live.

Selama 2,5 jam ikut live streaming di kampanye 8.8 Grand Beauty and Fashion Festival, dr Richard berhasil mencatatkan penjualan hingga Rp 8 miliar.

Keberhasilan omzet penjualan dr. Richard Lee tersebut tidak terlepas dari fitur-fitur unggulan yang diatur sebelum memulai live di Shopee.

Lantas, bagaimana cara melakukan live streaming di aplikasi Shopee? Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Shopee dan pilih menu Saya

2. Pilih ikon Shopee Live

3. Tambahkan data yang diperlukan, seperti judul, foto, produk. Untuk menambahkan produk diskon, anda harus mengatur harga diskon lewat Promosi Saya terlebih dahulu (tersedia di aplikasi atau Seller Centre)

4. Atur ulang urutan produk dengan memilih icon di halaman Buat live streaming sebelum masuk ke tampilan ruangan streaming anda

5. Jika tampilan kamera sudah bekerja dengan baik dan produk sudah ada di keranjang, anda bisa mulai Live Streaming

Baca juga: Mengintip Strategi Brand Lokal Mendulang Cuan lewat Live Streaming TikTok

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com