Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadin Harap Cawapres di Pilpres 2024 dari Kalangan Pengusaha

Kompas.com - 28/08/2023, 21:40 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Apindo Sarman Simanjorang mengatakan, para pengusaha berharap pasangan Calon Presiden (Capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 berasal dari kalangan entrepreneur atau pengusaha.

Sarman mengatakan, hal tersebut mengingat tiga kandidat bakal calon presiden saat ini tidak memiliki latar belakang dari pengusaha.

"Katakan kalau saat ini kita lihat ada tiga capres yang bukan latar belakang entrepreneur, nah kita harapkan nanti minimal pendampingnya adalah calon-calon adalah entrepeneur," kata Sarman dalam diskusi bertajuk 'Kalkulasi Pasangan Capres Cawapres Harapan Pengusaha' di Jakarta Selatan, Senin (28/8/2023).

Sarman mengatakan, bakal calon wakil presiden (cawapres) yang ramai menjadi sorotan publik saat ini adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Baca juga: Ketua Umum Kadin soal Sinergi BUMN-Swasta: Saling Bersaing Dibandingkan Berkolaborasi...

Ia yakin apabila bakal cawapres berasal dari kalangan entrepreneur, para pengusaha akan lebih memilih pasangan capres dan cawapres tersebut.

"Mengapa saya katakan demikian, bisa kita membedakan ketika pak JK (Jusuf Kalla) jadi wapres waktu itu, pengusaha bisa merasakan bagaimana responsif pemrintah terhadap berbagai aspirasi pengusaha pada saat itu. Walaupun beliau bukan decision maker," ujarnya.

Lebih lanjut, Sarman mengatakan, 80 persen ekonomi Indonesia digerakan oleh sektor swasta dan hanya 20 persen dari pemerintah.

Baca juga: Geliat Penjualan Atribut Parpol Jelang Pemilu

Karenanya, kata dia, pengusaha membutuhkan pemimpin yang berpihak terjadap dunia usaha.

"Tentu harapan kita adalah komtimen untuk meneruskan berbagai program pembangunan ekonomi saat ini dan mampu mencipatkan iklim usaha dan iklim investasi yang kondusif," ucap dia.

Baca juga: Menjaga Momentum Ekonomi pada Tahun Pemilu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com