Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Asal Malaysia Tertarik Kelola Parkir di Kawasan TOD MRT

Kompas.com - 12/09/2023, 19:58 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta (Perseroda) menandatangani Nota Kesepahaman dengan perusahaan spesialis bangunan industri asal Malaysia, Sarawak Consolidated Industries Berhad (SCIB), Jakarta, Selasa (12/9/2023).

Perjanjian tersebut bertujuan untuk menjajaki potensi kemitraan dalam pengoperasian dan pengelolaan parkir di kawasan pengembangan berorientasi transit (Transit Oriented Development/TOD).

Direktur Pengembangan Bisnis PT MRT Jakarta, Farchad Husein Mahfud mengatakan, kemitraan dengan SCIB ini menandakan langkah penting dalam upaya kolektif untuk meningkatkan kehidupan perkotaan di Jakarta.

Baca juga: Progres Pembangunan MRT Jakarta Fase 2A sampai Harmoni Sudah 65 Persen

"Kemitraan ini menyatukan keahlian kami dalam bidang solusi transit dengan kemahiran SCIB dalam pembangunan infrastruktur, membuka jalan bagi inisiatif perkotaan yang saling menguntungkan dan berkelanjutan," katanya.

Farchad menyebut, terdapat 5 kawasan MRT yang mengusung konsep TOD ditawarkan ke SCIB yakni Dukuh Atas, Fatmawati, Istora Senayan, Blok M Sisingamangaraja, dan Lebak Bulus.

Dalam kesempatan yang sama, Managing Director SCIB Ku Chong Hong menuturkan, keterlibatan SCIB dengan PT MRT Jakarta lebih dari sekadar kesepakatan bisnis.

Baca juga: Jadwal Operasional MRT Jakarta Selama KTT ASEAN

Adanya Nota Kesepahaman ini menetapkan panggung bagi kedua perusahaan untuk menjajaki dan mengembangkan kolaborasi strategis.

"Dengan melakukan hal ini, kami bertujuan untuk memberikan dampak yang berarti terhadap pembangunan perkotaan berkelanjutan, khususnya di bidang ruang yang berorientasi transit dengan menyelaraskan sumber daya dan kemampuan kami. Kami yakin bahwa kemitraan ini tidak hanya akan menghasilkan keuntungan finansial namun juga menciptakan warisan proyek berbasis nilai bagi komunitas yang kami layani," ucapnya.

Baca juga: Catat, Jadwal Operasional MRT Jakarta Selama KTT ASEAN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com