Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Dukung Perkembangan Ekonomi Digital, Faspay Kembangkan Pembayaran Online bagi Bisnis

Kompas.com - 20/09/2023, 10:54 WIB
Nur Melati Syamdani,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perekonomian digital di Indonesia telah berkembang pesat. Berdasarkan hasil studi Google, Temasek, dan Bain & Company, nilai ekonomi digital Indonesia pada 2022 sebesar 77 miliar dollar AS atau tumbuh 22 persen dari tahun sebelumnya.

Masih dari studi tersebut, ekonomi digital Indonesia diproyeksikan bakal meningkat menjadi 130 miliar dollar AS pada 2025 dan 220-360 miliar dollar AS pada 2030.

Tren pertumbuhan tersebut membuat setiap bisnis perlu segera melakukan transformasi digital agar dapat bersaing. Salah satunya adalah dengan menyediakan pembayaran digital atau online agar memudahkan calon konsumen bertransaksi. Pembayaran digital dapat berbentuk virtual account, e-wallet, kartu kredit atau debit, dan QRIS.

Untuk menyediakan hal tersebut, bisnis dapat memanfaatkan payment gateway. Layanan ini menyediakan berbagai channel pembayaran online dalam sekali integrasi dan tanpa perlu mengaktifkan channel pembayaran satu per satu.

Baca juga: Payment Gateway Dinilai Bisa Bantu Mengembangkan Bisnis UMKM

CEO Faspay Eddy Tju mengatakan, pihaknya memahami kebutuhan bisnis dan preferensi konsumen dalam memilih berbagai pilihan pembayaran online saat bertransaksi digital. Oleh karena itu, Faspay terus mengembangkan berbagai jenis pilihan pembayaran bagi bisnis.

Saat ini, pelaku bisnis dapat menikmati berbagai produk solusi pembayaran online yang disediakan Faspay. Dengan demikian, operasional bisnis bisa lebih diefisienkan. Pengelolaan dana pun bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Faspay menawarkan enam produk, yakni Faspay Business, Faspay Billing, Faspay SendMe, Faspay Cash Out, Faspay Dana Usaha, serta sistem pembayaran QRIS pada website dan aplikasi.

Faspay Business merupakan sistem pembayaran online untuk pebisnis yang sudah memiliki website dan aplikasi. Faspay Billing merupakan invoice online untuk terima pembayaran melalui link dan email.

Faspay SendMe adalah sistem pengiriman dana serta pencairan dana (disbursement) untuk bisnis. Sementara, Faspay Cash Out merupakan sistem pencairan dana di gerai ritel. Kemudian, Faspay Dana Usaha adalah layanan yang menyediakan pinjaman eksklusif dana usaha untuk merchant Faspay.

Layanan payment gateway dari Faspay bisa digunakan pelaku bisnis untuk mendigitalisasi pembayaran.Dok. Faspay Layanan payment gateway dari Faspay bisa digunakan pelaku bisnis untuk mendigitalisasi pembayaran.

Eddy menjelaskan, Faspay terus menambah value dari produknya agar menjadi payment provider yang lengkap bagi pelaku bisnis di Indonesia. Saat ini, Faspay mengembangkan berbagai fitur dan menambah berbagai channel pembayaran.

Channel-channel itu di antaranya adalah BSI Virtual Account dan QRIS LinkAja, serta fitur DANA Subscription yang sudah diluncurkan pada Agustus 2023. Selain itu, channel-channel lain juga akan segera hadir pada September 2023, yakni BTN Virtual Account dan QRIS PAYDIA.

Penambahan channel dan fitur baru tersebut diharapkan dapat membantu produktivitas dan konversi bagi bisnis. Dengan mengaktifkan fitur terbaru DANA Subscription, misalnya, pebisnis dapat menerima pembayaran online dari pelanggan secara berkala atau berlangganan.

“Hal ini sangat membantu bisnis yang berbasis subscription sehingga pebisnis dapat terhindar dari berbagai keterlambatan pembayaran pelanggan,” jelas Eddy melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Senin (18/9/2023).

Baca juga: BI Bebaskan Tarif QRIS untuk Transaksi hingga Rp 100.000

Selain itu, Faspay juga menyediakan channel-channel QRIS yang tersedia dalam bentuk stiker untuk usaha offline serta QRIS yang dapat diintegrasikan dengan website ataupun aplikasi. Adapun dengan virtual account, pelanggan yang memiliki rekening bank apa saja akan lebih mudah melakukan pembayaran.

Eddy mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk selalu berinovasi dan melakukan pengembangan produk, fitur, ataupun channel agar dapat terus membantu pelaku bisnis dari berbagai industri agar dapat memaksimalkan pembayaran bisnis.

“Kami percaya bahwa perkembangan merchant sama dengan perkembangan Faspay serta perkembangan ekonomi digital Indonesia secara keseluruhan,” tuturnya.

Informasi lebih lengkap mengenai penggunaan payment gateway untuk pembayaran online bisnis Anda bisa didapat dengan mengunjungi website Faspay. Anda bisa daftarkan bisnis Anda secara online tanpa dipungut biaya di website itu. Setelah itu, Faspay akan segera menghubungi dan membantu segala kebutuhan Anda terkait payment provider.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com