BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sido Muncul

Terapkan Energi Berkelanjutan, Sido Muncul Raih Subroto Awards 2023

Kompas.com - 02/10/2023, 12:02 WIB
Titis Anis Fauziyah,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk meraih peringkat satu kategori Manajemen Energi di Industri dan Gedung, Sub Kategori Industri Manufaktur Besar dalam ajang Subroto Awards 2023, Jumat (29/9/2023).

Sebagai informasi, Subroto Awards adalah penghargaan tertinggi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kepada pemangku kepentingan yang telah memberikan kinerja terbaik dalam memajukan sektor ESDM di Indonesia.

Penghargaan tersebut terinpirasi dari salah satu tokoh besar dalam dunia pertambangan dan energi Indonesia sekaligus Menteri Pertambangan dan Energi periode 1978-1988, Prof Dr Subroto.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat menuturkan, penghargaan tersebut menjadi bukti komitmen Sido Muncul terhadap kebijakan penggunaan energi yang hemat dan ramah lingkungan.

“Penghargaan ini menunjukkan jika Sido Muncul serius berkonsentrasi dengan persoalan energi,” jelasnya di acara Festival Kuliner dan Jamu Kesukaan 7 Presiden RI di Pasar Semawis, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (30/9/2023).

Ia menjelaskan bahwa energi di Indonesia saat ini terhitung murah lantaran masih disubsidi pemerintah.

“Kita (pengusaha) harus menyadari bahwa suatu saat (energi) tidak akan disubsidi lagi. Oleh karena itu, kita sebagai pengusaha harus bersiap menyongsong masa depan energi melalui penggunaan yang terukur dan efisien,” tegasnya.

Irwan mengatakan bahwa pihaknya telah menghadirkan sejumlah inovasi agar Sido Muncul dapat menjadi perusahaan yang hemat energi dan ramah lingkungan. Sebagai contoh, saat ini, Sido Muncul menggunakan listrik yang bersumber dari panel solar.

“Bahkan, Sido Muncul kita tidak pernah membuang sampah industri, tapi sampah-sampah tersebut kita olah lagi dan kita manfaatkan,” jelasnya.

Atas capaian tersebut, Irwan mengaku puas dengan kinerja tim Sido Muncul, khususnya dalam pengelolaan, pemanfaatan, dan efisiensi energi.

“Saya puas dengan kinerja tim kami di bidang lingkungan hidup. Apa yang kita lakukan selama ini mendapatkan apresiasi dari Kementerian ESDM,” tuturnya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com